Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Headline / Hindari Virus Zika, Menkes Sarankan Wanita Hamil Tidur Pakai Kelambu

Hindari Virus Zika, Menkes Sarankan Wanita Hamil Tidur Pakai Kelambu

ibu hamil ilustrasi

 

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyarankan agar para ibu hamil tidur memakai kelambu untuk menghindari gigitan nyamuk pembawa virus Zika.

“Waspada kalau lagi hamil, kalau bisa hati-hati dengan gigitan nyamuk,” ujar Menkes seusai rapat pleno bersama sejumlah menteri lainnya dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Kamis (4/2) seperti dilansir Antara.

Ditambahkan oleh Menkes Nila, langkah-langkah agar terhindar dari gigitan nyamuk antara lain dengan mengenakan pakaian tertutup atau lengan panjang, obat oles antinyamuk dan kelambu.

Soal penularan Zika melalui hubungan seksual, menurut Nila hal tersebut belum bisa dibuktikan secara ilmiah tapi yang sudah pasti melalui gigitan nyamuk.

Seperti diketahui sebelumnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah mengeluarkan imbauan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit yang dapat menjadi wabah, dan Indonesia sudah mengikuti aturan itu.

“Jadi kita harus waspada. Masing-masing negara diminta menjaga negaranya. Jadi negara Prancis mengeluarkan aturan ya silahkan. Kita juga ‘ngeluarkan travel advisory (anjuran perjalanan),” papar Menkes Nila.

Kementerian Kesehatan pun mengeluarkan travel advisory pada Rabu (3/2) sebagai upaya melindungi masyarakat Indonesia terhadap kemungkinan tertular penyakit yang bersumber dari virus Zika, yang sedang menjangkit di beberapa negara.

Di dalam travel advisory itu, Menteri Kesehatan memberikan pesan kepada masyarakat Indonesia yang hendak berkunjung ke negara yang sedang terjadi kejadian luar biasa (KLB) virus Zika, maka dianjurkan untuk menghindarkan diri dari gigitan nyamuk.

Cara menghindari gigitan nyamuk dengan memakai pakaian panjang dan tertutup, menggunakan obat oles antinyamuk, dan tidur menggunakan kelambu atau dalam kamar dengan kawat kassa antinyamuk. Selanjutnya, dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter bila mengalami sakit.

“Wanita hamil dianjurkan sebaiknya tidak berkunjung ke negara yang sedang KLB penyakit virus Zika. Jika terpaksa harus melakukan perjalanan ke negara tersebut, hendaknya melakukan tindakan pencegahan dari gigitan nyamuk secara ketat,” ungkap Menkes.

Adapun negara-negara yang mengalami KLB Virus Zika yaitu Brasil, Cape Verde, Colombia, El Savador, Honduras, Martinique, Panama, dan Suriname.

Sementara negara-negara yang memiliki status transmisi aktif yaitu Barbados, Bolivia, Curacao, Republik Dominika, Ekuador, Fiji, French Guiana, Guadalope, Guatemala, Guyana, Haiti, Meksiko, Kaledonia Baru, Nikaragua, Paraguay, Puerto Riko, Saint Martin, Samoa, Tonga, Thailand, US Virgin Islands, dan Venezuela.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...