Home / Berita / HOT News ; Presiden Jokowi Resmi Berhentikan dengan Hormat Menteri ESDM Arcandra Tahar

HOT News ; Presiden Jokowi Resmi Berhentikan dengan Hormat Menteri ESDM Arcandra Tahar

Archandra Tahar

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar.

Hal itu diumumkan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Arcandra efektif diberhentikan sebagai Menteri ESDM mulai besok hari.

‎Mensesneg Pratikno mengungkapkan kalau Presiden Jokowi telah memperoleh informasi dari berbagai sumber mengenai status kewarganegaraan Arcandra Tahar.

Atas dasar hal itu, Presiden Jokowi memutuskan untuk memberhentikan menteri hasil perombakan (reshuffle) kabinet jilid II tersebut.

“Menyikapi pertanyaan publik terkait status kewarganegaraan Menteri ESDM Arcandra Tahar dan setelah memperoleh informasi dari berbagai sumber, Presiden Jokowi memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat Arcandra dari posisi Menteri ESDM,” ujar Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (15/8) malam, seperti disiarkan langsung oleh sebuah tv swasta nasional.

Disamping itu, Presiden Jokowi juga telah memutuskan untuk menunjuk Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Pelaksana tugas (Plt) Menteri ESDM, menggantikan Arcandra Tahar.

Luhut akan menjabat sebagai Plt Menteri ESDM hingga ditunjuk Menteri ESDM definitif oleh Presiden.

“Untuk saudara Luhut Binsar sebagai Pelaksana tugas dan penanggung jawab Menteri ESDM sampai diangkatnya Menteri ESDM definitif. ‎Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Jadi ini efektif diberhentikan mulai besok pagi. Karena ditetapkan malam ini,” imbuhnya.

 

 

Baca Juga

Korban Kebakaran Hutan di Portugal dan Spanyol Menjadi 34 Orang

Vigo – Korban meninggal pada kebakaran di Spanyol dan Portugal bertambah menjadi 34 orang. Hingga ...