Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Hukum, Niat, Doa & Tata Cara Membayar Zakat Fitrah

Hukum, Niat, Doa & Tata Cara Membayar Zakat Fitrah

Hukum, Waktu, Niat, Doa & Tata Cara Membayar Zakat Fitrah

Hukum, niat, doa & tata cara membayar zakat fitrah harus diketahui oleh setiap muslim. Bulan Ramadhan yang sudah hampir berakhir, masih menyisakan satu lagi kewajiban umat Islam yakni membayar Zakat. Berikut ini akan diuraikan mengenai hukum, waktu, niat, doa & tata cara membayar zakat fitrah yang dikutip dari berbagai sumber.

Hukum membayar zakat fitrah

Setiap muslim baik pria maupun wanita yang telah memenuhi syarat, wajib hukumnya untuk mengeluarkan sebagian rezekinya membayar zakat fitrah kepada yang berhak. Mereka yang berhak menerima zakat dikategorikan sebagai Mustahiq yaitu fakir, miskin, amil, muallaf, gharim, fisabilillah, ibnu sabil. Seorang muslim wajib membayar zakat fitrah jika sudah mencapai nisab (standar penghitungan kekayaan minimal) dan juga haul (batas waktu yang ditentukan) zakat.

“Dan dirikanlah shalat serta tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku.” (QS: Al-Baqarah 2:43)

“Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan”. (QS: Al-Baqarah 2:110)

Waktu berzakat fitrah

Zakat Fitrah merupakan zakat yang dikeluarkan pada bulan Ramadhan atau bulan puasa yang dibayarkan paling lambat sebelum menunaikan ibadah sunah Shalat Ied. Apabila pelaksanaan zakat dilakukan setelah melewati batas tersebut, maka zakat tersebut bukan lagi masuk ked alam kategori zakat akan tetapi berupa sedekah biasa.

“Bahwa Rasulullah memerintahkan agar zakat fitrah diberikan sebelum orang-orang Islam pergi untuk menunaikan ibadah shalat Idul Fitri (Shalat Ied). (Hadist Shahih Muslim 1645)”

Tata cara membayar zakat fitrah

Cara dalam melakukan melakukan zakat fitrah adalah bisa dengan membayar sebesar satu sha’ (1 sha’=4 mud, 1 mud=675 gr). Perhitungan tersebut jika di implementasikan dalam bentuk yang lebih general lagi kira-kira setara dengan 3,5 liter atau 2.7 kg makanan pokok (tepung, kurma, gandum, aqith) atau yang biasa dikonsumsi di daerah bersangkutan (Mazhab syafi’i dan Maliki). Zakat juga bisa dilakukan dalam bentuk uang yang setara dengan besaran harga beras, dikalikan dengan jumlah berat beras yang wajib dibayarkan.

Niat dan doa zakat fitrah
Doa & Niat Bayar Zakat Untuk Diri Sendiri Niat Zakat Untuk Keluarga

Doa Menerima Zakat

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...