Home / Berita / Dunia / Hukuman Mati Mursi Ditentang Banyak Pihak

Hukuman Mati Mursi Ditentang Banyak Pihak

mursi

Hukuman mati yang dijatuhkan pengadilan Mesir bagi mantan Presiden Muhamad Mursi dan terdakwa lainnya mendapat penolakan dari banyak negara dan organisasi.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan,”Saya akan memantau proses banding untuk hukuman mati dan dorongan yang akan mempromosikan aturan hukum tersebut.”

Sementara itu, Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Jeff Rathke menuturkan,”Praktik pemberian hukuman Mesir sering tidak adil terhadap anggota oposisi atau aktivis non-kekerasan.”

Kami, sambung Jeff, sangat prihatin dengan hukuman mati massal yang dijatuhkan oleh pengadilan Mesir kepada lebih dari 100 terdakwa, termasuk mantan Presiden Mursi

Sebelumnya, Uni Eropa (UE) juga melontarkan hal senada. “Keputusan pengadilan untuk memberikan hukuman mati, dilakukan dalam pengadilan massal dan itu tidak sesuai dengan kewajiban Mesir dalam hukum internasional,” ungkap salah satu diplomat tinggi UE Federica Mogherini dalam keterangan tertulisnya.

Mesir, katanya lebih lanjut, telah menjamin hak-hak terdakwa untuk mendapatkan pengadilan yang adil dan untuk memperoleh investigasi yang independen. Dirinya yakin vonis itu masih bisa diubah melalui proses banding.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pengadilan Mesir memungkinkan dijatuhinya hukuman mati bagi Mursi dan 106 pendukung Ikhwanul Muslimin. Mereka dinilai terlibat pembobolan penjara massal pada 2011 silam. Keputusan akhir baru akan dikeluarkan pada 2 Juni mendatang.

 

Baca Juga

PLN Bikin Jaringan Kabel Listrik Bawah Tanah di Jakarta

Jakarta – PT PLN (Persero) melakukan first boring atau pengeboran pertama saluran kabel tegangan tinggi ...