Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / HUT ke-70 RI, Anak Laksamana Maeda Terharu Lihat Rumah Ayahnya dijadikan Museum Proklamasi

HUT ke-70 RI, Anak Laksamana Maeda Terharu Lihat Rumah Ayahnya dijadikan Museum Proklamasi

330651_ishimura-tohaji--anak-laksamana-maeda_663_382

Besok bangsa Indonesia memperingati HUT Ke-70 Kemerdekaan. Seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke menyambutnya dengan sukacita. Pemasangan bendera merah putih, gapura di ujung jalan, tumpengan selamatan hingga aneka lomba dilakukan masyarakat.

Nah, masyarakat Indonesia mungkin masih ingat dengan salah satu orang yang berperan penting dalam menyediakan tempat untuk penulisan teks Proklamasi?

Ya, dia adalah Laksamana Maeda, salah seorang pejabat tinggi Jepang yang sangat berperan untuk persiapan Proklamasi kemerdekaan. Maeda begitu rela membahayakan dirinya untuk memfasilitasi Soekarno, Hatta dan beberapa pihak lain untuk mempersiapkan kemerdekaan.

Satu hari jelang peringatan HUT ke-70 RI, putra Laksamana Maeda, Nishimura Maeda (73), berkunjung ke Indonesia. Agenda Nishimura yang utama adalah mengunjungi rumah ayahnya yang kini dijadikan museum perumusan teks Proklamasi.

“Tujuan saya datang ke sini, sebagai anak Maeda ingin melihat rumah orang tua saya, saya terharu dengan sambutan, padahal saya hanya anak dari Maeda,” ungkap Nishimura di Museum Perumusan Teks Proklamasi, Jl Imam Bondjol, Jakpus, Minggu (16/8).

Nishimura sendiri berada di Jakarta dalam agenda Napak Tilas Proklamasi yang diadakan museum di bawah  Ditjen Kebudayaan, Kemdikbud, itu. Nishimura mengaku telah dihubungi Komunitas Majapahit sejak beberapa tahun lalu.

Diakui oleh Nishimura kalau ia tak tahu banyak soal peristiwa Proklamasi. Ketika Proklamasi Indonesia dikumandangkan, dia masih berumur 2 tahun, sehingga tak tahu apa-apa.

“Pada saat pembacaan Proklamasi saya masih berumur 2 tahun. Ayah saya juga tidak pernah bercerita tentang Indonesia,” kata Nishimura.

 

 

 

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...