Home / Berita / Nasional / ICMI : Hukuman yang Tepat Pelaku Kejahatan Seksual adalah Hukuman Mati

ICMI : Hukuman yang Tepat Pelaku Kejahatan Seksual adalah Hukuman Mati

_ilustrasi-pemerkosaan77

 

Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengungkapkan wacana pemberlakuan hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan seksual anak dinilai tidak akan cukup untuk memberikan efek jera apalagi mencegah terjadinya kekerasan seksual lainnya.

Wakil Ketua Umum ICMI, Sri Astuti Bukhari menilai kalau hukuman yang tepat bagi pelaku kejahatan seksual adalah hukuman mati.

“Kali ini membuat perasaan seorang ibu ketakutan dan menjadi khawatir. Untuk itu ICMI tidak akan tinggal diam melihat hal ini. Maka kami sampaikan untuk berlakukan hukuman mati,” ujar Sri di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (19/5).

Dalam hal ini, ICMI merekomendasikan kepada pemerintah untuk mengindari hukuman kebiri karena berdasarkan rekomendasi Menteri Kesehatan (Menkes) dan Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PP-PDSJKI), hukuman tersebut akan memberikan efek dan berdampak panjang dari sisi medis, psikologis, kejiwaan dan sosial.

Seperti diketahui kalau sebelumnya, dalam hasil keputusan rakor, kementerian dan lembaga telah bersepakat untuk mengajukan pemberatan hukuman pidana maksimal kepada pelaku pemerkosaan dan pencabulan.

“Yang jelas kami menginginkan pemberatan hukuman, dalam hal ini pemerintah harus melihat hal tersebut,” lanjutnya.

 

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...