Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Bisnis / IDI Tolak Hukuman Kebiri, Pemerintah Gigit Jari!

IDI Tolak Hukuman Kebiri, Pemerintah Gigit Jari!

Penolakan IDI terkait hukuman kebiri, dianggap pukulan telak bagi pemerintah

Idi Tolak Hukuman Kebiri

Seperti yang diketahui jika pemerintah menambahkan hukuman tambahan kebiri bagi terpidana kasus pelecehan seksual. Namun Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menolak untuk mengeksekusi hukuman kebiri. IDI telah mengeluarkan surat tertanggal 9 Juni 2016 yang meminta agar dokter tidak menjadi eksekutor dari Perppu 1 Tahun 2016 yang memuat tindakan kebiri.

Penolakan tersebut didasarkan atas fatwa Majelis Kehormatan dan Etik Kedokteran (MKEK) Nomor 1 Tahun 2016 tentang Kebiri Kimia dan juga didasarkan pada Sumpah Dokter serta Kode Etik Kodekteran Indonesia (Kodeki).

IDI juga menyatakan bahwa atas dasar keilmuan dan bukti-bukti ilmiah, kebiri kimia tidak menjamin hilang atau berkurangnya hasrat serta potensi perilaku kekerasan seksual pelaku. IDI juga meminta supaya pemerintah mencari solusi lain selain penggunaan kebiri kimia yang sekali lagi dianggap tidak efektif dalam kasus kekerasan seksual.

“Pilihan pemerintah untuk mengambil keputusan tanpa kajian dan analisis mendalam serta melibatkan pihak-pihak yang berkompeten termasuk para pakar medis dan psikis, adalah sebuah tindakan fatal” kata Direktur Eksekutif ICJR, Supriyadi Widodo Eddyono (Jumat, 10/6/2016).

Seharusnya kata Supriyadi, sejak awal pemerintah membuka partisipasi dan masukan dari banyak pihak termasuk dari para pakar medis dan psikis. ICJR pun meminta agar pemerintah membuka kajian dan analisis yang sudah dilakukan untuk mengeluarkan Perppu 1 Tahun 2016.

“ICJR juga meminta pemerintah menghormati posisi IDI dan Kode Etik Kodekteran Indonesia” tambahnya.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

amnesti_pajak889

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...