Home / Tekno / Internet / Ilmuwan Kembangkan Algoritma Untuk Prediksi Serangan Teroris

Ilmuwan Kembangkan Algoritma Untuk Prediksi Serangan Teroris

Ilustrasi-ISIS-2-140805

Bagaimana kita bisa memprediksikan serangan teroris berikutnya? Tentunya memperoleh informasi sebelum serangan terjadi dengan cara seperti penyamaran atau memata-matai adalah cara yang bisa digunakan. Sebelumnya dikatakan jika beberapa video YouTube juga bisa mengindikasikan serangan teroris. Tapi sekelompok ahli psikis mengembangkan algoritma untuk memprediksikan di mana serangan berikutnya terjadi.

Sebuah tim dipimpin oleh Neil Johnson dari the University of Miami baru-baru ini mempublikasikan sebuah penelitian berdasarkan temua mereka. Salah satu cara yang dipakai adalah membuka posting dari halaman pro ISIS di Vkontakte, jejaring sosial di Eropa. Mereka memfilter posting yang menyebutkan aktivitas seperti pemenggalan kepala, dan mandi darah dalam beberapa bahasa.

Hasil akhir dari penemuan itu menjadi dasar peneliti mengembangkan algoritma yang bisa memprediksi serangan yang terjadi di masa mendatang. Walaupun masuk akal untuk fokus pada grup-grup pro ISIS yang besar, penelitian itu justru fokus pada kelompok-kelompok kecil. Kelompok-kelompok itu dianggap menggambarkan gerakan akar rumput dan jika dilacak bisa menekankan di mana aktivitas serangan akan terjadi.

Tentunya perlu dilihat jika algoritma ini hanya bersifat teori atau bisa digunakan secara praktis. Menurut J.M Berger, seorang peneliti Program on Extremism, dari George Washington University, “Hal ini merupakan pendekatan yang menarik, hal ini adalah pendekatan yang bernilai dan harus lebih banyak diadakan penelitian untuk pendekatan ini, tapi bila kita ingin menggunakan algoritma ini, masih banyak hal yang kita perlukan.”

Baca Juga

Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

  Kalau anda membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu (3/9), bakal menemukan dua tokoh ...