Home / Berita / Dunia / Indonesia diminta PBB Jangan Usir Imigran Rohingya

Indonesia diminta PBB Jangan Usir Imigran Rohingya

 

pengungsi-rohingya-di-aceh

Sedikitnya 790 imigran asal Rohingya dan Bangladesh kini berada di Aceh. Keberadaan mereka di Serambi Mekah setelah ditemukan terkatung-katung di dalam sebuah tongkang di Selat Malaka, sekira 20 mil dari daratan Pusong, Kota Langsa. Mereka, para ‘manusia perahu’ diduga telah diusir oleh Thailand maupun Malaysia yang menolak keberadaannya.

Informasi tersebut akhirnya sampai ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Oleh karenanya, PBB menyerukan kepada Indonesia, Malaysia dan Thailand untuk tidak mengusir kapal-kapal pembawa imigran dan seharusnya menyelamatkan mereka.

Komisioner HAM PBB Zeid Ra’ad Al Hussein menuturkan,”Perhatian harus diberikan untuk menyelamatkan nyawa sekitar 6.000 imigran yang diperkirakan masih berada di laut. Dikatakan mereka berasal dari suku Rohingya di Myanmar dan migran dari Bangladesh.”

Saya, lanjut Zeid, terkejut dengan adanya laporan-laporan bahwa Thailand, Indonesia dan Malaysia mengembalikan kapal-kapal penuh dengan migran ke laut, yang pada akhirnya akan menyebabkan banyak dari mereka meninggal dunia.

“Fokus seharusnya diberikan untuk menyelamatkan jiwa, bukan lebih lanjut membahayakan keselamatan mereka.”

Sementara disisi lain, Zeid juga memuji langkah Indonesia yang telah menerima ratusan migran dan Malaysia yang telah menampung 1.080 orang selama beberapa hari terakhir ini.

Menurut PBB, kebijakan Myanmar terhadap etnik Rohingya menjadi pangkal persoalan. Dinafikkan kewarganegaraan dan dipaksa tinggal di kamp-kamp padat, mereka oleh PBB disebut sebagai korban diskriminasi yang melembaga dan sampai persoalan itu ditangani, imigrasi akan terus terjadi.

 

 

 

 

 

 

 

Baca Juga

Zaskia Adya Mecca Tengah Hamil 3 Bulan

Jakarta – Zaskia Adya Mecca rupanya diam-diam sudah hamil lagi. Usia kandungannya kini bahkan sudah ...