Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / Indonesia Kirim Bantuan untuk Korban Badai Pam di Vanuatu Samudera Pasifik

Indonesia Kirim Bantuan untuk Korban Badai Pam di Vanuatu Samudera Pasifik

Indonesia Kirim Bantuan untuk Korban Badai Pam di Vanuatu Samudera Pasifik

Indonesia Kirim Bantuan untuk Korban Badai Pam di Vanuatu Samudera Pasifik. Badai Pam melanda sebagian wilayah Pasifik dan menghantam Vanuatu pada pertengahan Maret 2015. Badai tersebut mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, serta kerusakan bangunan dan fasilitas umum. Badai juga sempat melumpuhkan Ibukota dan memutus akses ke puluhan pulau dan kota di Vanuatu.

Menanggapi hal itu, Kementerian Luar Negeri RI mengirimkan sejumlah bantuan kemanusiaan bagi korban Badai Pam di Vanuatu. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, bantuan tersebut diberikan sebagai tindak lanjut koordinasi kedua negara yang dilakukan sejak awal terjadinya badai.

Bantuan Indonesia, merupakan bentuk solidaritas dan hubungan khusus kedua bangsa yang memiliki latar belakang dan warisan budaya Melanesia” ungkap Retno dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/4/2015).

Bantuan kemanusiaan senilai 2 juta dollar AS tersebut terdiri dari bahan makanan, paket untuk ibu dan anak, obat-obatan, tenda posko dan keluarga, selimut, genset listrik, tempat tidur lipat, serta perangkat kebersihan pribadi dan kesehatan lingkungan.

Selain itu Kemenlu RI juga mengirimkan tim terpadu untuk melakukan assessment terhadap kebutuhan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana alam di beberapa wilayah di Vanuatu. Tim terdiri dari 19 orang dari berbagai instansi.

Retno mengatakan, kesepakatan tersebut akan menjadi dasar untuk menentukan bentuk bantuan dan dukungan Indonesia kepada Vanuatu pada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi.

Duta Besar RI untuk Australia merangkap Vanuatu, Najib Riphat Kesoema akan menyerahkan bantuan yang dikirimkan dengan pesawat cargo Boeing 737-800 dan Airbus A-330 tersebut kepada Menteri Perubahan Iklim Vanuatu James Bule.

Selanjutnya bantuan akan segera didistribusikan kepada masyarakat dan wilayah yang terkena dampak paling parah di berbagai pelosok Vanuatu. Bantuan ini sekaligus menunjukkan komitmen Pemerintah Indonesia untuk memperkokoh kerja sama bilateral dengan Pemerintah Vanuatu dalam hal tanggap darurat bencana.

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...