Home / Berita / Nasional / Indonesia Siap Menghadapi MAE 2016

Indonesia Siap Menghadapi MAE 2016

MAE

Masyarakat Ekonomi Asean (MAE) 2016 sudah di depan mata. Negara-negara yang tergabung dalam organisasi ASEAN telah menyatakan kesiapannya, termasuk Indonesia.

MAE yang dibentuk oleh pemimpin ASEAN selain untuk menciptakan pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara, juga diharapkan mampu mengundang investasi asing yang diyakini mampu meningkatkan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan di kawasan tersebut.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam berbagai kesempatan selalu mengungkapkan kalau Indonesia sudah siap menghadapi MAE yang mulai diberlakukan akhir tahun 2015 ini.

Kesiapan itu bukan tanpa alasan. Menurut JK, Pertama, pasar kita luas punya ‘resources’ (sumber daya alam) lebih baik, kita juga punya tenaga kerja yang lebih kompetitif.

Penerapan MAE tentu tidak melulu berdampak postifi, seba ada juga timbul negatifnya.

“MAE ini juga memberikan dampak negatif terhadap perekonomian Indonesia,”ujar JK. Indonesia harus membenahi sektor yang lemah untuk menghadapinya dan juga melaksanakan efisiensi.

MAE akan menyebabkan persaingan lebih ketat. Nah, lanjutnya, disitu letaknya masalah efisiensi. Pelaksanaan MAE memang tidak akan membuat negara-negara ASEAN memiliki pergerakan yang sama karena ada yang tidak efisiensi.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...