Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / Indonesia Tawarkan Proyek Investasi Pariwisata Rp 39 T

Indonesia Tawarkan Proyek Investasi Pariwisata Rp 39 T


Padang – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Kementerian Pariwisata menawarkan proyek pariwisata di destinasi prioritas senilai US$ 2,9 miliar atau setara dengan Rp 39 triliun (kurs Rp 13.500) dalam Regional Investment Forum (RIF) di Padang 15-17 Oktober 2017. Tiga destinasi prioritas tersebut adalah Danau Toba, Borobudur dan Tanjung Kelayang.

Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong menyampaikan bahwa dari delapan destinasi pariwisata yang ditawarkan dalam kegiatan RIF, enam diantaranya merupakan destinasi prioritas. Kemudian dua diantaranya adalah destinasi pariwisata yang berlokasi di Padang yakni Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang dan Kawasan Wisata Bahari Pantai Mandeh.

Dia menjelaskan dari enam destinasi prioritas tersebut, tiga destinasi diantaranya telah memiliki proyek-proyek yang siap ditawarkan ke investor karena sudah dilengkapi dengan peraturan daerah dan tinggal menunggu investor untuk berinvestasi.

“Diantaranya Danau Toba ada lima proyek dengan estimasi nilai proyek US$ 2,3 miliar, kemudian Borobudur 10 proyek senilai US$ 562 juta, serta Tanjung Kelayang 2 proyek perhotelan senilai US$ 60 juta. Sehingga totalnya adalah US$ 2,9 miliar,” ujarnya dalam Regional Investment Forum di Hotel Grand Inna, Padang, Senin (16/10/2017).

Thomas menjelaskan sektor Pariwisata merupakan salah satu sektor yang tumbuh di level 35%-40% jauh di atas pertumbuhan investasi nasional yang per tahunnya di level 12%-14%.

“Porsinya hingga kini masih kecil bila dibandingkan dengan GDP tapi nanti lama-lama juga akan menjadi besar kalau tumbuh terus secara signifikan,” lanjutnya.

Lebih lanjut Tom menjelaskan bahwa selain tiga destinasi pariwisata yang siap ditawarkan tersebut, terdapat lima destinasi pariwisata lainnya yang juga memiliki prospek yang sangat positif.

“RIF ini memang sebuah forum untuk bekerja, jadi selain proyek-proyek di destinasi yang siap ditawarkan ada lima destinasi lain yang tidak kalah indahnya, tidak kalah cantiknya yang dapat dikembangkan,” jelasnya.

Tom mencontohkan Provinsi Sumatera Barat yang memiliki berbagai potensi pariwisata untuk dikembangkan.

“Selain 10 destinasi Bali Baru, ada juga beberapa daerah yang sektor pariwisatanya maju pesat diantaranya Manado di Sulawesi Utara, kemudian Padang yang juga telah mulai berbenah dan berkembang menjadi suatu destinasi pariwisata,” urainya.

Dalam investment forum ini hadir Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, Gubernur Sumatera Barat Iwan Prayitno, Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara, Perwakilan dari Kementerian ESDM, Duta Besar RI untuk Australia Y Kristiarto. S Legowo.

Ratusan calon investor baik domestik maupun internasional seperti dari Luxemburg hingga Australia hadir untuk menyimak pemaparan BKPM dan Kementerian Pariwisata. (dna/dna)


Source link

Baca Juga

Si Seksi Ariel Tatum Makin Serius dengan Ryuji Utomo

Hot Photo Sabtu, 28 Okt 2017 08:33 WIB  ·   Palevi – detikHOT Jakarta detikHot ...