Home / Berita / Dunia / Indonesia Terus Lobi Pemerintah Saudi Terkait Rencana Pembatasan Kuota Haji

Indonesia Terus Lobi Pemerintah Saudi Terkait Rencana Pembatasan Kuota Haji

Rencana Pembatasan Kuota Haji
Kuota Haji (metrotvnews.com)
Rencana Pembatasan Kuota Haji – Pemerintah Indonesia terus melakukan lobi kepada pihak Arab Saudi terkait rencana pembatasan kuota haji hingga 20% pada tahun ini. Pembatasan kuota haji hingga 20% ini terkait rencana pemerintah Saudi untuk memperluas area Masjidil Harom sehingga kuota haji dari seluruh negera di dunia di batasi termasuk Indonesia. Indonesia menerima pembatasan kuota hingga 20% pada tahun ini sehingga puluhan ribu calon jemaah haji ternacam gagal berangkat tahun ini.

Rencana pembatasan kuota haji ini tentu saja mebuat para calon jemaah haji kecewa dan cemas apalagi bagi mereka yang telah mngantri bertahun tahun untuk mendapatkan nomor kusri keberangkatan haji. Sebagai akibatnya lansia, ibu hamil dan remaja yang tercatat dalam daftar nama calon jemaah haji tahun ini ternacam tidak bisa brangkat. Menaggapai kecemasan dan keluhan para calon haji ini,  hingga kini pemrintah terus melancarkan lobi-lobi kepada pemrintah Saudi terkait rencana pembatasan kuota haji hingga 20% ini.

Isu pemotongan kuota jamah haji ini juga membuat para amggota DPR meminta presiden unuk turun tangan. Ketua Komisi VIII Ida Fauziah ketika dihubungi wartawan, Rabu (19/6) meminta agar pemerintah melalui presiden SBY melakukan lobi erhadap pemerinah Saudi terkait rencana pembatasan kuota yang dsinyalir akan merugikan jamaah dari Indonesia. Ida Fauziah mengatakan jika kota jamaah haji dari Indonesai dibatasi, maka akan menimbulkan kerugian finasial yang cukup besar jumlahnya. Ida Fauziah mengasumsikan akan berangkat sekitar 211 jamaah haji tahun ini, dan jika kuota ini dibatasi maka Indonesia akan megalami kerugian finansial yang cukup besar.

Ida berharap pemrintah bertindak cepat sebelum pihak Saudi benar-benar merealisasikan rencana pengurangan kuota ini. Terlebih lagi jamaah asal Indonesia adalah jamaah yang patuh jadi mungkin saja masih ada celah untuk merubah rencana pemerintahh Saudi tersebut. Saat ditemui wartawan, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Anggito Abimanyu mengatakan bahwa presiden SBY juga ikut peduli pada rencana pengurangan kuota ini. SBY kabarnya juga sudah megirimakn surat kepada Raja Abdullah yang meminta pembatalan pemgkasan 20% kuota haji.

“Ini surat yang tidak biasa dikirimkan oleh seorang kepala negara kepada Kerajaan Arab Saudi,” tegas Anggito Abimanyu. Anggito juga berharap agar pemerintah Saudi bisa merubah niatnya karena jika terus dilaksanakan, maka Indonesia berpotensi mengalami kerugian hingga Rp 800 miliar.

Baca Juga

Si Seksi Ariel Tatum Makin Serius dengan Ryuji Utomo

[ad_1] Hot Photo Sabtu, 28 Okt 2017 08:33 WIB  ·   Palevi – detikHOT Jakarta ...