Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Informasi GGL Wajib dicantumkan di Restoran Siap Saji Mulai Tahun 2016

Informasi GGL Wajib dicantumkan di Restoran Siap Saji Mulai Tahun 2016

makanan siap saji

Meningkatnya kasus penyakit tidak menular di Indonesia seperti hipertensi, stroke, hingga diabetes membuat berbagai pihak merasa khawatir.

Menyadari hal itu, maka Kementerian Kesehatan RI pada tahun 2016 akan mewajibkan restoran siap saji untuk mencantumkan informasi kandungan gula, garam, dan lemak atau biasa disingkat GGL.

Pencantuman informasi tersebut berdasar Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2013 tentang Pencantuman Informasi Kandungan Gula, Garam, dan Lemak serta Pesan Kesehatan untuk Pangan Olahan dan Pangan Siap Saji.

“Nanti kita akan buat edaran untuk menindaklanjuti peraturan tersebut. Wajib untuk restoran yang memiliki gerai lebih dari 250 di seluruh Indonesia,” ujar Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Ekowati Rahajeng di Jakarta.

Disamping itu, nantinya setiap restoran juga harus mencantumkan pesan kesehatan yang berisi tulisan, ”Konsumsi gula lebih dari 50 gram, natrium lebih dari 2.000 miligram, atau lemak total lebih dari 67 gram per orang berisiko hipertensi, stroke, diabetes, dan serangan jantung.”

Pesan kesehatan itu bisa dicantumkan di buku menu, brosur, meupun media lainnya yang dapat dibaca dengan jelas oleh konsumen.

Kemkes, kata Ekowati, berharap juga setiap restoran siap saji untuk tidak lagi menyediakan garam tambahan di atas meja.

“Tak hanya restoran siap saji, produk pangan olahan pun wajib mencantumkan informasi nilai gizi dan memberikan pesan kesehatan pada tahun 2016,” tutur Ekowati.

Untuk itu, baik orang yang memproduksi pangan olahan maupun pangan siap saji sudah harus siap menjalani aturan tersebut, karena sudah diberi waktu tiga tahun sejak Permenkes Nomor 30 diterbitkan Tahun 2013.

Diharapkan dengan adanya pesan kesehatan ini, akan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pola makan sehat sehingga menurunkan prevalensi penyakit tidak menular.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...