Home / Berita / Nasional / Ingat, Kalo Mudik Jangan Istirahat di Tempat Ini Yaa..

Ingat, Kalo Mudik Jangan Istirahat di Tempat Ini Yaa..

Ini khusus untuk istirahat copet yang tertangkap lho!

Posko Copet

Terminal Tirtonadi Solo sudah tiga tahun ini melakukan terobosan dalam menangani tindak pencopetan. Pihak terminal mendirikan pos khusus untuk ‘memajang’ copet yang tertangkap, sebelum diserahkan kepada polisi.

Langkah itu dinilai berhasil menekan angka kriminalitas terutama pencopetan di terminal tersibuk di Jawa Tengah tersebut. Tahun ini pos serupa juga kembali didirikan. Sebuah tenda berukuran 3×3 meter didirikan sebuah pojok, tak jauh dari tempat penurunan penumpang di Terminal Tirtonadi.

Tulisannya besar dan sangat menyolok ‘Tempat Istirahat Copet’. Di tempat itulah copet yang tertangkap tangan melakukan aksinya, akan digelandang oleh petugas. Dipaksa berdiri tegak 5 jam, harus rela ditonton dan difoto siapapun yang sedang lewat di depan tenda.

Posko tersebut selalu didirikan semenjak tahun 2014. Ide semula datang dari Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo yang sering melihat copet jika tertangkap selalu dihakimi massa hingga babak belur namun tetap saja praktik pencopetan marak terjadi.

“Rupanya langkah ini lebih efektif untuk membuat jera pencopet. Tahun 2014 tertangkap ada seorang pencopet dan kami pajang 5 jam. Tahun 2015 tidak ada yang tertangkap dan laporan pencopetan juga tidak ada”

“Semoga tahun ini juga tidak ada pencopetan, namun kami tetap memberikan peringatan bahwa yang nekat mencopet di sini akan kami pamerkan kepada khalayak ramai” ungkap Kepala Terminal Tirtonadi, Eko Agus Susanto (Kamis, 30/6/2016).

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...