Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Politik / Ingat…Kalau Bawa Ponsel ke Bilik TPS, Terancam Kena 1 Tahun di Bui

Ingat…Kalau Bawa Ponsel ke Bilik TPS, Terancam Kena 1 Tahun di Bui

bilik suara

Hukuman 1 tahun penjara mengancam warga yang membawa ponsel atau kamera ke dalam bilik suara saat Pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang.

“Ini sebagai upaya preventif (pencegahan). Karena jika terjadi pun, tentu akan mengurangi kualitas Pilkada di daerah yang bersangkutan,” ujar Ketua Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, Syaiful Bahri, Rabu (11/11).

Ditambahkan oleh Syaiful, warga yang membawa handphone ataupun kamera umumnya telah mendapatkan ‘upah’ dari salah satu tim pemenangan pasangan calon. Sehingga, punya indikasi terjadinya money politics.

“Biasanya, pemilih yang membawa ponsel atau kamera, adalah modus money politik (orang yang telah menerima sejumlah uang ) dari tim sukses tertentu,” jelasnya.

Masyarakat, kata dia, bisa saja melakukan visualisasi pencoblosan di dalam bilik suara dengan handphone ataupun kamera yang dibawanya.

Syaiful member alasan, dimana aturan tersebut telah tertuang kedalam Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur Bupati dan Walikota yang di dalamnya dibahas larangan untuk memberitahukan pemilihan kepada orang lain.

Kalau dilanggar, maka yang bersangkutan diancam dengan hukuman satu tahun penjara.

“Berdasarkan pengamatan, selama proses pemungutan suara berlangsung pada Pilkada-Pilkada sebelumnya, pemilih yang membawa kamera atau ponsel biasanya adalah pemilih simpatisan pasangan calon tertentu yang hadir di TPS, bahwa ia telah mencoblos pasangan calon yang bersangkutan,” terangnya.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ini-isi-puisi-fadli-zon-untuk-dua-tahun-pemerintahan-jokowi-jk

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...