Home / Bisnis / Artikel / Inggris keluar dari Uni Eropa ; Efek Domino, Kepercayaan Konsumen Jatuh ke Level Terburuk

Inggris keluar dari Uni Eropa ; Efek Domino, Kepercayaan Konsumen Jatuh ke Level Terburuk

brexit555

 

Kepercayaan konsumen Inggris tercatat mengalami penurunan yang sangat tajam ke level terburuk dalam 21 tahun terakhir ini, pasca referendum Brexit memilih Inggris meninggalkan Uni Eropa (UE). Hal ini berdasarkan dari hasil lembaga riset pasar terbesar dunia atau GfK di Inggris yang melaporkan hasil survei mereka terhadap 2.002 orang, yang dilakukan sejak tanggal 30 Juni hingga 5 Juli.

Seperti dilansir BBCnews, indeks kepercayaan konsumen Inggris mengalami penurunan skor yang paling tajam dalam lebih dari dua dekade setelah mayoritas masyarakat mendukung untuk Inggris keluar dari Uni Eropa. Tercatat indeks menunjukkan skor kepercayaan pada awal Juli jatuh hingga 8 poin ke minus 9, dari minus 1 pada bulan Juni.

Kurangnya kepercayaan konsumen membuat mereka cenderung membatasi pengeluaran mereka yang menyumbang sekitar dua-pertiga dari perekonomian Inggris. Hal ini pula menjadi salah satu ukuran buat Bank of England saat memutuskan tingkat suku bunga.

Gubernur Mark Carney sudah memperingatkan sebelumnya bahwa outlook perekonomian Inggris akan menghadapi tantangan mengikuti keputusan meninggalkan UE.

Di dalam survei Gfk juga menyebutkan bahwa 60% konsumen memprediksi situasi ekonomi Inggris secara umum akan memburuk dalam beberapa tahun kedepan, hal ini meningkat dibandingkan Juni sebesar 46%. Hanya 20% meramalkan ekonomi Inggris meningkat, turun dari 27% bulan lalu.

 

 

Baca Juga

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...