Home / Bisnis / Artikel / Inggris Keluar dari Uni Eropa; Menko Darmin : Hal yang Mengejutkan

Inggris Keluar dari Uni Eropa; Menko Darmin : Hal yang Mengejutkan

Menteri-Koordinator-Bidang-Perekonomian-Darmin-Nasution

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai kalau langkah masyarakat Inggris yang memilih untuk keluar dari Uni Eropa (Brexit) adalah hal yang mengejutkan dan tidak diduga sebelumnya.

“Memang keputusan ini ada unsur kejutan, karena dari kemarin sudah terlihat hasil polling, bahwa yang menang stay di UE, tapi ternyata tidak,” ujar Darmin di Jakarta, Jumat (24/6).

Ditambahkan Darmin, kondisi ini sedikit berpengaruh kepada pasar keuangan global dan menimbulkan gejolak kecil terhadap pergerakan bursa saham dunia yang secara tidak langsung ikut berpengaruh ke Indonesia.

“Kejutan itu memang membuat dampak gejolak sedikit lebih besar. Sehingga kami melihat baik di pasar uang, pasar modal, apalagi di pasar nilai tukar berbagai negara terjadi pergerakan,” paparnya seperti dikutip dari Antara.

Darmin pun menjamin kondisi perekonomian akan tetap terjaga dengan baik, dan pemerintah bersama Bank Indonesia selalu berkomunikasi untuk mengambil langkah yang diperlukan agar situasi tetap terkendali terhadap gejolak eksternal.

“Kami akan menjaga komunikasi dengan pejabat di regional dan siap berkoordinasi sesuai perkembangan. Pemerintah dan Bank Indonesia berkomunikasi terus, dan seterusnya menjalin hubungan secara erat,” jelasnya.

Darmin juga menegaskan kalau pemerintah Indonesia selalu menjunjung tinggi kerja sama yang selama ini telah terjalin dengan Uni Eropa maupun Inggris sebagai mitra ekonomi.

 

 

Baca Juga

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...