Home / Berita / Dunia / Inggris Keluar dari Uni Eropa, Skotlandia Minta Merdeka dari Inggris!

Inggris Keluar dari Uni Eropa, Skotlandia Minta Merdeka dari Inggris!

Seperti yang dilansir Telegraph, Inggris ibarat memakan buah simalakama selepas wacana keluar dari Uni Eropa berada di depan mata.

Inggris Keluar dari Uni Eropa, Skotlandia Minta Merdeka dari Inggris

Menteri Skotlandia, Nicola Sturgeon memerintahkan para pejabat pemerintahannya untuk menyusun rencana referendum kemerdekaan kedua sebagai antisipasi hasil referendum Brexit.

The Telegraph pada Jumat (24/6), menyebut parlemen Skotlandia harus memutuskan apakah tetap bersama atau berpisah dari Inggris, agar Skotlandia tetap bergabung Uni Eropa.

“Tugas saya melindungi kepentingan Skotlandia dalam segala situasi. Oleh karena itu saya memastikan bahwa perencanaan yang tepat untuk segala kemungkinan tengah dilakukan oleh Pemerintah Skotlandia” ungkap juru bicara Sturgeon.

Selain Sturgeon mantan pemimpin Skotlandia, Alex Salmond juga menyerukan referendum kemerdekaan kedua untuk negaranya jika gerakan Brexit berhasil menang.

Dalam wawancaranya dengan Washington Post sebelum referendum Uni Eropa digelar, Salmond memperkirakan banyak warga Skotlandia akan memilih untuk tetap berada di Uni Eropa.

“Saya pikir ini mencerminkan dua pandangan yang berbeda untuk masing-masing negara. Saya berkampanye untuk Tetap di seluruh negara di kepulauan ini di Inggris, Skotlandia, Irlandia dan Wales”

“Namun jika situasinya menunjukkan Skotlandia memilih Tetap sedangkan Inggris memilih Keluar, maka menurut saya referendum kemerdekaan Skotlandia akan terjadi sekitar dua tahun mendatang dan kali ini hasilnya akan Ya” tegas Salmond.

 

Baca Juga

Pedagang Tanah Abang: Habis Lebaran Jualan Sepi

Jakarta – Sejumlah pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, mengaku penjualan barang tengah lesu. ...