Home / Bisnis / Ini Alasan China kalahkan Jepang Garap Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Ini Alasan China kalahkan Jepang Garap Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Proposal China memenuhi semua syarat yang diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), salah satunya tanpa anggaran dan jaminan dari pemerintah.

Ini Alasan China kalahkan Jepang Garap Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Dalam keterangannya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno mengungkapkan setelah dua proposal dari Jepang dan China masuk rupanya hanya proposal dari China yang memenuhi kriteria. Presiden Jokowi meminta agar kereta cepat Jakarta-Bandung dibangun dengan skema business to business (B to B) tanpa jaminan dan anggaran pemerintah.

“Dari dua proposal, yang memenuhi syarat adalah proposal China. Karena proposal yang memenuhi kriteria tidak ada jaminan pemerintah dan anggaran pemerintah, jadi itu China” ungkap Rini Soemarno, Selasa (6/10/15).

Sementara proposal Jepang ditolak karena masih harus menggunakan jaminan pemerintah Indonesia. menurut Rini Soemarno, pemerintah hanya memberikan pemahaman kepada pemerintah Jepang bahwa proposalnya tidak sesuai dengan keinginan pemerintah Indonesia.

“Proposal Jepang tidak diterima karena di proposal mereka mengharuskan adanya jaminan dari pemerintah. Karena ini konsepnya B to B, kami di Kementerian BUMN meminta konsorsium BUMN bernegosiasi dengan pihak China karena ini jalur Jakarta-Bandung melalui daerah perlu ditingkatkan perekonomiannya lewat proyek kereta cepat” tambah Rini, seperti yang dilansir Liputan6.

Baca Juga

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...