Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Ini Daftar 6 Maskapai Penerbangan yang Izinnya Dicabut Menhub Ignasius Jonan

Ini Daftar 6 Maskapai Penerbangan yang Izinnya Dicabut Menhub Ignasius Jonan

Ini Daftar 6 Maskapai Penerbangan yang Izinnya Dicabut Menhub Ignasius Jonan

Menteri Perhubungan (Menhub), Ignasius Jonan mencabut izin operasional kepada 6 maskapai penerbangan sejak 1 Agustus 2015 lalu. Hal itu dilakukan karena enam maskapai penerbangan tersebut tidak memenuhi aturan kepemilikan pesawat. Menhub Ignasius Jonan mengutarakan hal ini saat menggelar konferensi pers di Kantor Kemenhub, Rabu (5/8/2015).

“Maskapainya itu Asco Nusa Air, Air Maleo, Manunggal Air Service, Nusantara Buana Air, Survey Udara Penas Persero, dan Jatayu Air” ungkap Ignasius Jonan.

Dalam catatan aturan kepemilikan pesawat terdapat dalam Undang-Undang No 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. Pasal 118 ayat (2) huruf a mensyaratkan pelaku usaha angkutan udara niaga berjadwal harus memiliki paling sedikit lima unit pesawat udara dengan jenis yang mendukung kelangsungan usaha sesuai dengan rute yang dilayani.

Sementara itu maskapai penerbangan tak berjadwal, harus memiliki satu pesawat dengan hak milik dan dua pesawat dengan sewa atau leasing. Kemudian aturan turunannya tercantum dalam Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 97 Tahun 2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan Kepemilikan dan Penguasaan Pesawat Udara.

Sebelum Ignasius Jonan menjabat Menhub, aturan itu tak pernah dijalankan. Padahal dasar hukumnya jelas, yaitu UU tentang penerbangan tersebut. Mengetahui ada amanat UU yang tak dijalankan di sektor perhubungan udara, Jonan pun kemudian memberikan waktu tenggat enam bulan kepada maskapai penerbangan dari Januari 2015 hingga Juni 2015 untuk memenuhi aturan tersebut.

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...