Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Ini Dia 10 Wilayah Peringkat Peredaran Narkoba di Indonesia

Ini Dia 10 Wilayah Peringkat Peredaran Narkoba di Indonesia

narkoba

Pusat informasi Badan Narkotika Nasional (BNN ),  Selasa (6/7) pernyataan yang menyebut Indonesia menduduki peringkat tertinggi dalam kasus penyalahgunaan narkoba dibandingkan negara ASEAN lainnya. Jumlah aktivitas dan transaksi narkoba Indonesia mencapai 40 persen dari seluruh transaksi dan peredaran yang ada di 10 ASEAN. Sementara Thailand yang lima tahun sebelumnya di peringkat pertama, kini berada pada posisi kedua dengan nilai transaksi 25 persen.

Pernyataan ini dilansir oleh Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BNN Kombes Pol Sumirat Dwiyanto di Jakarta.  Dia juga mengatakan, secara keseluruhan nilai transaksi narkotika di wilayah ASEAN per tahun mencapai Rp110 triliun. Dari jumlah itu, nilai transaksi Indonesia berkisar Rp48 triliun.

“Hal tersebut memposisikan Indonesia sebagai negara teratas dalam urusan transaksi narkotika,” kata Sumirat. Posisi Indonesia yang menduduki peringkat teratas dalam peredaran narkotika juga tidak lepas dari jumlah pecandu yang mencapai empat juta jiwa. Sumirat menambahkan pecandu yang meninggal dunia sekitar 15.000 orang per tahun atau berkisar 40 – 50 orang per hari.

Sementara rangking peredaran dan bisnis narkoba di Indonesia sampai tahun 2014 masih dipegang oleh Jawa Barat, disusul  Jawa Timur dan Jawa Tengah dan  DKI Jakarta.  Sumatera Utara merupakan wilayah di luar pulau Jawa dengan peringkat terbesar penyalahgunaan narkoba, disusul Banten dan Sulawesi Selatan.

BNN juga menyebutkan, sekitar 65 persen dari pengguna narkoba itu adalah usia produktif, antara 25-50 tahun. Di susul remaja 25 persen dan 10 persen mereka yang di atas 50 tahun. Untuk kota-kota besar  seperti Jakarta, Bandung  dan Medan, jumlah pemakai Narkoba hampir sama banyaknya antara laki-laki dan perempuan.  Hal ini berbeda dengan di Jawa Timur, di mana pemakai narkoba lebih banyak didominasi perempuan.

“Fakta yang terungkap lebih banyak melibatkan perempuan. Boleh jadi karena laki-laki lebih pintar bermain dalam kasus ini sehingga jumlah kasus yang melibatkan laki-laki lebih sedikit,” kata  Kepala BNN Jawa timur Brigadir Jenderal Iwan Abdullah Ibrahim.

Meski Jawa Barat berada pada peringkat pertama jumlah penyalahgunaan narkoba, tapi untuk perbandingan kasus dan jumlah penduduk  yang terlibat kasus narkoba masih dipegang DKI Jakarta dengan nilai prevalensi 4,73 persen, disusul Kalimantan timur  3,07 persen.

Berikut ini adalah peringkat 10 besar wilayah dengan peradaran dan bisnis narkoba di Indonesia menurut data BNN :

Urutan Provinsi Jumlah penyalahguna prevalensi
1 Jawa Barat 780 ribu 2,3 persen
2 Jawa Timur 530 ribu 2 persen
3 Jawa Tengah 450 ribu 1,8 persen
4 DKI Jakarta 350 ribu 4,7 persen
5 Sumut 300 ribu 3 persen
6 Banten 200 ribu 2 persen
7 Sulawesi Selatan 110 ribu 2,1 persen
8 Sumatera Selatan 105 ribu 1,7 persen
9 Riau 100 ribu 2  persen
10 Lampung 100 ribu 1,5 persen

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...