Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Politik / Ini Dia! Alasan PNS Boleh Ikut Kampanye Pilkada Serentak

Ini Dia! Alasan PNS Boleh Ikut Kampanye Pilkada Serentak

Pilkada_2015

Salah seorang anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Nafis Gumay mengungkapkan bahwa PNS sah-sah saja mengikuti kampanye sebagai warga negara. Tapi dengan catatan tak menggunakan atribut, aset negara dan memobilisasi massa untuk kepentingan suatu calon kepala daerah.

“Ya, kalau misal dekat tempat tinggalnya ada kampanye. Dia mau datang sebagai warga negara biasa, ya tidak masalah. Siapa tahu dia ingin tahu siapa calon yang sedang berkampanye,” tutur Hadar di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol 29, Jakarta Pusat, Sabtu (22/8).

Ditambahkan olehnya, sebagai warga negara, PNS juga berhak mengetahui siapa calon yang akan maju menjadi kepala daerah. Oleh karena itu, dia tak mempermasalahkan hal tersebut asal sesuai dengan koridor dan aturan yang ada.

“Yang dilarang kan memobilisasi, menggunakan atribut. Kalau sudah demikian kan itu artinya berpartisipasi sebagai penyelenggara,” jelasnya.

Bila kemudian PNS tersebut ikut kampanye dengan tidak menggenakan atribut atau aset pemerintah, tetapi memotong jam kerja, maka berarti hal tersebut sudah bukan lagi menjadi kewenangan dari penyelenggara pemilu.

“Kalau itu, ya sudah bukan urusan kami. Itu urusan birokratnya, bagaimana nanti apakah ada sanksi karena memotong jam kerja,” imbuh Hadar.

Seperti diketahui, sebelumnya beberapa KPU Daerah dan Panitia Pengawas (Panwas) memperbolehkan PNS mengikuti kampanye dengan catatan tak menggunakan atribut atau aset pemerintah.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...