Home / Berita / Nasional / Ini Dia Alasan Rachmawati Memberikan Soekarno Award Kepada Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un

Ini Dia Alasan Rachmawati Memberikan Soekarno Award Kepada Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un

rachmawati-soekarnoputri31_20150731_113456

Ketua Yayasan Pendidikan Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri, mengungkapkan kalau dirinya punya alasan kuat kenapa memberikan penghargaan Soekarno Award kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Menurutnya, sosok Jong-un konsisten menjaga kemandirian negaranya. Sikap Jong-un tersebut mewarisi ayah dan kakeknya yang juga pemimpin Korea Utara.

“Dia cucu dari Kim Il-sung, yang memiliki kedekatan dengan Sukarno,” tutur Rachmawati kepada wartawan di kampus Universitas Bung Karno, Jakarta, Senin (31/8) kemarin.

Ditambahkan olehnya, Jong-un mampu membawa negaranya tetap mandiri di era kapitalisme. Jong-un juga dianggap mampu menghadapi tekanan negara-negara barat.

“Mereka selalu menjelekkan Korea Utara, itu propaganda barat,” kata Rachmawati.

Rachmawati direncanakan akan memberikan Soekarno Award kepada Jong-un pada 27 September mendatang. Ia pun sudah mengirimkan surat undangan kepada pemerintah Korea Utara. Diklaim akan ada perwakilan dari Korea Utara yang akan datang ke Indonesia mewakili Kim Jong-un.

Disamping Jong-un, Rachmawati juga memberikan penghargaan serupa kepada sejumlah pemimpin dunia. Mereka antara lain mantan Perdana Menteri Malaysia Mahatir Mohamad, mantan Presiden Kuba Fidel Castro, mantan Presiden Venezuela Hugo Chavez, Raja Yordania King Abdullah II, serta Raja Maroko King Mohammed VI.

Dimata Rachmawati, tokoh-tokoh itu merupakan anti-imperialisme. Mereka juga mampu mempraktekkan gerakan nonblok yang salah satu pencetusnya adalah Sukarno. Gerakan itu mengajarkan kemandirian.

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...