Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Ini Dia Manfaat Buah Rambutan Yang Jarang Diketahui

Ini Dia Manfaat Buah Rambutan Yang Jarang Diketahui

AktualPost.com – Rambutan adalah salah satu buah musiman yang banyak digemari. Buah ini sering disukai oleh banyak anak-anak, termasuk saya juga. Selain disukai banyak anak-anaka, buah ini juga digemari orang dewasa, kadang juga ibu hamil. Buah rambutan yang sering terkenal adalah rambutan dari aceh atau binje.

Namun siapa sangka, bahwa buah rambutan ini memiliki manfat yang cukup dhsyat bagi kesehatan. Selain itu, buah rambutan juga dapat diolah untuk berbagai macam makanan. Seperti puding rambutan, atau rambutan sebagai hiasan makanan. Selain itu juga, dapat dimakan langsung untuk memberikan manfaat yang lebih besar. Oke, ini dia beberapa manfaat yang terkandung dalam buah rambutan ini.

Perawatan Rambut

Siapa sangka bahwa rambutan dapat dimanfaatkan sebagai perawatan rambut. Caranyapun cukup mudah dilakukan. Pertama, pilih daun rambutan yang masih bagus. Lalu cuci daun rambutan setelah itu ditumbuk sampai halus. Sedikit tambahkan air, sambil diaduk rata hingga  menjadi adonan seperti bubur. Setelah itu, anda peras adonan tersebut dengan saringan hingga keluar air. Air yang telah terkumpul, gunakan untuk membasahi kulit kepala. Lakukan hal ini hingga terasa manfaatnya.

Kencing Manis

 Tidak hanya buah rambutan dan daunnya saja yang bermanfaat. Ternyata biji rambutan saja bisa dimanfaatkan untuk pengobatan. Anda dapat memanfaatkan bijinya untuk pengobatan kencing manis. Caranya cukup mudah. Kumpulkan biji buah rambutan (5 biji) lalu digoreng sangran (sangria), Setelah itu giling sampai menjadi serbuk. Kemudian, seduh biji rambutan yang sudah digiling tersebut dengan satu cangkir air panas. Setelah dingin airnya diminum sekaligus. Lakukan 1-2 kali sehari.

Manfaat Mineral Rambutan

Buah rambutan dikenal sangat kaya akan zat besi, yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengontrol kadar oksigen dalam tubuh kita. Zat besi dapat berfungsi membantu mencegah kelelahan dan pusing, ini biasanya disebabkan karena anemia atau kurang tidur. Selain itu, rambutan juga diteliti mengandung fosfor yang berfungsi membantu untuk menyaring limbah dalam ginjal kita serta seperti yang kita ketahui, bahwa fosfor dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharan sel.
Nah itu dia beberapa manfaat buah rambutan yang bisa kita peroleh. Namun ingat juga, konsumsilah rambutan dengan kadar yang normal dan juga berlebihan. Karena jika berlebihan, bukannya malah sehat, nanti anda malah sakit. Oke, semoga tips kali ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang membaca artikel ini.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...