Home / Berita / Ibu Kota / Ini Dia Pesan Ahok Buat para Pendatang yang Datang ke Jakarta

Ini Dia Pesan Ahok Buat para Pendatang yang Datang ke Jakarta

ahok-

Ibu kota Jakarta ternyata masih menjadi magnet kuat yang menarik pendatang untuk mengadu nasib. Ada setumpuk harapan, perbaikan taraf hidup warga desa yang nekat pergi ke Jakarta walaupun belum punya pekerjaan di kota.

Data Pemprov DKI, pada 2013 penduduk DKI berkisar 9,9 juta jiwa. Saat ini berkisar 10,1 juta jiwa. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan kalau Jakarta terbuka bagi siapa pun. Tak ada larangan bagi kaum pendatang untuk pindah ke ibu kota.

Tetapi Ahok punya pesan khusus pada pendatang. Tidak diperbolehkan menduduki atau tinggal di bantaran sungai, waduk atau di tempat kumuh.

“Bagi kami sederhana saja kawasan pelanggaran peruntukan atau artinya jangan dudukin sungai waduk jangan kamu sewain. Selama enggak ada kawasan kumuh pasti yang namanya urbanisasi gampang di kontrol. Jakarta enggak mungkin kita bikin tertutup Ibu kota negara kok,” ujar Ahok di Terminal Pulogebang, Jakarta, Senin (4/7).

Selain syarat hunian, Ahok juga mengimbau kaum pendatang yang ingin mencari rezeki di Jakarta untuk memiliki kompetensi dan keterampilan.

“Kamu tinggal di rumah saudara kamu, kalau enggak ada kerjaan enggak ada duit dibalikin enggak sama saudara kamu? Pasti dibalikin. Kalau asisten rumah tangga. Boleh enggak? Boleh,” tambah Ahok.

Ahok masih khawatir pendatang yang bekerja di bidang industri. Biasanya saat merekrut pegawai, perusahaan industri tidak memberikan hunian. Sehingga banyak dari mereka yang terpaksa tinggal di permukiman kumuh atau pinggiran Jakarta.

 

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...