Home / Berita / Ibu Kota / Ini Dia…Bus Standar Internasional yang disiapkan Ahok Sebagai Pengganti Metro Mini

Ini Dia…Bus Standar Internasional yang disiapkan Ahok Sebagai Pengganti Metro Mini

uji-coba-scania-low-entry-city-bus_

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana akan bus Transjakarta dan bus tanggung seperti Metro Mini, Kopaja, dan Kopami dengan Scania Low Entry City Bus. Kendaraan ini sendiri adalah bus berstandar internasional.

Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama atau Ahok mengatakan bus buatan Swedia ini disebut memiliki keunggulan, di antaranya kapasitas penumpang lebih banyak dan pengoperasian yang lebih ekonomis.

“Scania ada beberapa hal dia lebih menguntungkan dia kan lebih gede dari pada Bus biasa kalau gandeng costnya lebih mahal yang pas kayak begitu,” ujar Ahok di Balai Kota, Jumat (11/3).

Ditambahkan Ahok, jenis bus ini telah digunakan di beberapa negara, seperti Singapura, Autralia, Amerika Selatan, sampai negara-negara di Eropa. Bahkan China yang selama ini dikenal sebagai negara pengimpor bus Transjakarta juga memakai Scania.

“Tiongkok (China) sendiri pakai apa mereka juga pakai Scania kok,” papar Ahok.

Dari spesifikasi, Scania Low Entry City Bus sudah dilengkapi fitur keselamatan Electronic Brake System (EBS) dan AntibLock Brake System (ABS). Rangkaian bodi bus terbuat dari galvanized steel, panel bodi terbuat dari aluminium, dan lantai dilapisi multiply wood.

Scania Low Entry City Bus sendiri bertenaga 250 tenaga kuda. Disamping itu, bus ini irit konsumsi bahan bakar. Level emisi telah memenuhi standar Euro 3 yang ramah lingkungan.

 

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...