Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Ini Hebatnya Pasukan Elite Kostrad yang Berkualifikasi Para Rider!

Ini Hebatnya Pasukan Elite Kostrad yang Berkualifikasi Para Rider!

Kualifikasi prajurit Kostrad bertambah, yakni Para Raider.

Ini Kehebatan Pasukan Elite Kostrad yang Berkualifikasi Para Rider

Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad) merupakan bagian dari Komando Utama tempur. Selama ini ada dua kualifikasi yang dimiliki oleh prajurit pilihan di Kostrad yakni intai tempur yang bertugas membuka jalan bagi pasukan reguler dan lintas udara (linud). Namun sejak 2015, kualifikasi prajurit Kostrad bertambah.

Satu kualifikasi lagi adalah Para Raider. Raider kemampuan khusus prajurit untuk menghadapi terorisme, antigerilya maupun perang berlarut. Sementara para adalah kualifikasi terjun payung. Jadi Para Raider bisa diartikan pasukan khusus yang bisa diterjunkan di mana saja sekaligus memiliki kemampuan raider.

“Itu bukan perubahan tapi peningkatan kemampuan yang semula satuan linud, memang sudah memiliki kemampuan linud ditambah dengan raider. Jadi para raider ini selain bisa diterjunkan tetapi juga bisa melaksanakan operasi raider” ungkap Kepala Penerangan Kostrad, Letkol Agus Bhakti belum lama ini.

Secara umum kemampuan raider biasanya digunakan untuk mobilisasi pasukan, utamanya menggunakan helikopter atau yang dinamakan mobilisasi udara (mobud). Setiap satuan di Kostrad umumnya sudah memiliki kualifikasi Linud atau para, sehingga para prajurit sudah terbiasa terjun dari pesawat udara.

Dalam pelatihannya, setiap prajurit raider mendapat penggelembengan yang sangat berat. Brigif Linud 18/2 Kostrad misalnya, mereka harus menjalani latihan sebanyak tiga tahap di Malang selatan. Tahap pertama adalah tahap basis, tahap gunung hutan, dan tahap rawa laut. Pada tahap ini setiap prajurit mendapat pelatihan menghadapi pertempuran kota, jarak dekat, dan ilmu medan.

Kemudian tahap gunung, di mana pasukan diajari survival di hutan belantara dan kemampuan gerilya di gunung. Dalam tiga hari prajurit tidak dibekali makanan, hanya garam dan korek api. Lalu ditutup dengan tahap rawa, di mana mereka harus bergerak di daerah berawa dengan senyap.

Meski demikian kualifikasi ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki setiap prajurit Angkatan Darat. Tak heran pelatihannya tetap sama yakni Pusat Pendidikan Pasukan Khusus (Pusdik Passus) di Batujajar Jawa Barat. Sejak terjadi penambahan kemampuan, nama Brigade maupun Batalyon ikut diubah dari Linud menjadi Para Raider.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...