Home / Bisnis / Bedah Bank / Ini Hukuman Pegawai atau Pejabat Bank Yang Melakukan Manipulasi

Ini Hukuman Pegawai atau Pejabat Bank Yang Melakukan Manipulasi

Setiap pelanggaran pasti ada hukumnya, tidak terkecuali pagawai bank yang melakukan pelanggaran berat yaitu manipulasi atau mencuri uang nasabahnya.

Bukan hanya pegawai bank yang kena hukum namun biasanya pejabat 2 tingkat di atasnya juga kena sanksi karena dia tidak dapat mengawasi dan membina pegawai yang ada dibawahnya. Apalagi jika atasan pegawai tersebut ikut bermain sanksinya akan lebih berat.

Bank dimana pegawai itu berkerja juga terkena dampaknya, berupa risiko reputasi, jika masalahnya sampai keluar dan dilaporkan kepada pihak berwajib . Risiko reputasi akan meningkat sejalan dengan meningkatnya pemberitaan negative di media masa atas terjadinya manipulasi yang dilakukan oleh pagawai atau pejabat bank tersebut.

Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Agus Setya mengatakan, sanksi yang diberikan sangat beragam, tergantung dari besar atau kecilnya kadar kejahatan yang dilakukan.

“Kalau dari internal bank, dipecat dan tidak diberi hak-haknya, dan biasanya 2 tingkat pimpinan di atasnya juga ikut kena sanksi, di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) juga diatur di peraturan OJK,” katanya kepada detikFinance, Senin (11/5/2015).

Jika ternyata pelanggarannya lebih berat, misalnya menggelapkan dana nasabah, sehingga dilaporkan ke kepolisian oleh OJK. Hasil audit internal OJK akan diteliti polisi untuk dicari tahu apakah masuk ke ranah pidana atau tidak.

“Setelah audit lengkap dan dinyatakan terbukti dan perkara sudah matang, kemudian kepolisian menaikkan statusnya ke sidik, kemudian polisi melakukan penyidikan,” ujarnya.

Jika terbukti ada penggelapan, kata Agus, polisi membantu memulihkan aset-aset yang hilang. Pemulihan aset ini akan dimaksimalkan sampai bisa kembali seutuhnya.

“Untuk bisa cari aset yang hilang sampai ketemu itu memang melelahkan tapi harus dilakukan,” ujarnya.

Sementara bagi si pelaku penggelapan bisa diberi hukuman penjara minimal 5 tahun hingga 10 tahun, tergantung dari pasal yang menjerat dan hasil pengadilan.

“Pidana ada yang 7 tahun, 10 tahun, beda-beda tergantung pasal. Rata-rata kalau pegawai bank yang melakukan itu hukumannya di atas 5 tahun, Malinda Dee itu 8 tahun jadinya,” jelasnya.

Baca Juga

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...