Home / Berita / Ini Komentar Ahok, Soal BPS yang Nyatakan Angka Kemiskinan di Jakarta Naik

Ini Komentar Ahok, Soal BPS yang Nyatakan Angka Kemiskinan di Jakarta Naik

491.ahok-

Badan Pusat Statistik (BPS) mensurvei angka kemiskinan di Jakarta meningkat. Tetapi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau biasa disapa Ahok tak setuju metode yang digunakan oleh BPS.

“Jadi cara BPS survei itu yang saya katakan, saya tidak setuju konsep survei BPS seperti itu,” ujar Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (19/7).

Di dalam situs resmi BPS, disebutkan penduduk miskin DKI Jakarta pada bulan Maret 2016 sebesar 384.30 ribu orang alias 3,75 persen. Jumlah penduduk miskin meningkat sebesar 15,63 ribu atau meningkat 0,14 persen dibanding September 2015 yang tercatat ada 368,67 ribu orang alias 3,61 persen.

“Kemiskinan bertambah ini BPS caranya bukan bertanya ke yang ber-KTP DKI, melainkan semua orang yang ditemui di DKI, di tempat kumuh harus dihitung,” jelas Ahok.

Seharusnya, kata Ahok, survei hanya dikenakan pada orang yang ber-KTP DKI saja. Padahal arus urbanisasi terus ada.

“Nah sekarang semua orang juga suka dong tinggal di Jakarta. Naik bus murah, kesehatan ditanggung, nah itu juga masalah. Kita juga enggak bisa menahan orang pindah (ke Jakarta),” imbuhnya.

Walau demikian secara umum, Ahok mengakui kemiskinan pasti meningkat. Pemprov DKI akan terus melakukan peningkatan pelayanan ke masyarakat.

Baca Juga

Resmi! Xiaomi Mi A1 Masuk Indonesia

Jakarta – Tak butuh waktu lama bagi Xiaomi memboyong ponsel Android One pertama ke Indonesia. ...