Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Ini Konsep BPJS Syariah Dalam Islam yang Dicontohkan Rasulullah SAW

Ini Konsep BPJS Syariah Dalam Islam yang Dicontohkan Rasulullah SAW

Ini Konsep BPJS Syariah Dalam Islam yang Dicontohkan Rasulullah SAW

MUI & Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) menolak implementasi BPJS Kesehatan, karena tidak sesuai syariah. HTI bahkan menganggap jika BPJS yang saat ini ada meniru kebijakan penjajah. Pemerintah seharusnya menerapkan BPJS Syariah, seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW.

HTI menilai jika konsep jaminan sosial atau “BPJS” di zaman Rasulullah berbeda dengan yang digunakan pemerintah Indonesia saat ini. Rasul saat itu memberikan layanan kesehatan bagi sahabat-sahabat atau warga yang dipimpinnya, tanpa memungut biaya sepeserpun.

Konsep jaminan BPJS yang ada sekarang dapat menimbulkan mudarat, karena menambah beban hidup masyarakat. Hal itu karena adanya pemaksaan bagi peserta, untuk membayar iuran bulanan sebelum mendapatkan hak mereka. Konsep ini sangat bertentangan dengan Islam, karena minimnya peran negara dalam mengurus rakyatnya sendiri.

Menurut HTI seharusnya negara memiliki peran sentral dalam mengurus segala urusan rakyat. Dalam ajaran Islam, negara mempunyai peran sentral dan sekaligus bertanggung jawab penuh dalam segala urusan rakyatnya termasuk urusan kesehatan.

Dalam dalilnya, HTI mengungkapkan Rasulullah SAW tak pernah memungut biaya bagi umatnya untuk memperoleh jaminan kesehatan. Hal itu tercantum dalam hadis HR Muslim 2207 saat salah seorang sahabat sedang sakit, dan dokter memotong urat, serta mengobatinya.

Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW sebagai kepala negara Islam telah menjamin kesehatan rakyatnya secara cuma-cuma, dengan cara mengirimkan dokter kepada rakyatnya yang sakit tanpa memungut biaya dari rakyatnya itu” tegas HTI, dalam petikan pernyataannya.

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...