Home / Berita / Regional / Ini Mitos Air Terjun Sedudo Nganjuk, Mulai Sukses Jadi Caleg Hingga Awet Muda

Ini Mitos Air Terjun Sedudo Nganjuk, Mulai Sukses Jadi Caleg Hingga Awet Muda

Mitos di Air Terjun Sedudo Nganjuk, Mulai Sukses Jadi Caleg Hingga Awet Muda

Air Terjun Sedudo Desa Ngliman Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk yang baru saja dilanda musibah tebing longsor, rupanya memiliki mitos-mitos yang tumbuh di masyarakat. Mitos yang masih diyakini itu dipercaya turun-temurun, sebagai acuan para pengunjung agar tak berbuat yang aneh-aneh.

Salah satu mitos yang ada adalah khasiat air terjun Sedudo yang konon bisa membuat wajah awet muda dan menyembuhkan beragam penyakit. Khasiat ini bahkan ditulis di papan informasi  ruas jalan setapak menuju air terjun.

Mitos awet muda inilah yang menarik minat pengunjung untuk mandi atau sekedar mencelupkan kakinya di kolam air terjun setinggi 105 meter itu. Para pengunjung yang sebagian besar anak muda biasanya betah berendam hingga berjam-jam di kolam  tersebut.

Sejumlah orang bahkan percaya khasiat air kolam dapat melempangkan karir  politik. Tidak mengherankan jika akhirnya banyak calon anggota wakil rakyat yang melakukan ritual tertentu di Sedudo menjelang pemilihan umum.

“Mereka berharap dengan mandi di bawah air terjun Sedudo bisa memuluskan langkah menjadi anggota Dewan” ungap salah satu pengunjung air terjun Sedudo, seperti yang dilansir Tempo.

Pantangan di air terjun Sedudo antara lain dilarang berbuat asusila, tidak membawa pulang benda-benda temuan, tidak membawa pulang shampoo dan sabun yang dibawa dari rumah, dan dilarang berkomentar bila melihat hal tak wajar di tempat itu.

Dalam catatan Dinas Pariwisata Kabupaten Nganjuk, ritual sering digelar setiap 1 Suro di air terjun. Bertema “Mandi Sedudo” ritual tahunan ini menjadi ikon pariwisata karena menyedot banyak pengunjung. Masyarakat mempercayai mandi di bulan Suro dalam air terjun Sedudo membawa banyak manfaat bagi tubuh.

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...

One comment

  1. Zaenal Thengereadik Bcl

    hampir aja aku mau bikin status kayak gini Video Aneh
    tapi kayak nya mirip dech ama status kamu..
    aku tadi mau bikin status begini..

    Nuw pust (unu Mutus uur Turjun Sududu Ngunjuk, Muluu Suksus Judu Culug Hunggu uwut Mudu) hus buun publushud un uktuul Pust

    mirip gak Video Aneh ….??
    tapi gak gitu juga kaleee bacanya..
    hahahaa