Home / Berita / Ini Mobil untuk Berniaga dari Tata, Harganya di bawah Rp 30 juta

Ini Mobil untuk Berniaga dari Tata, Harganya di bawah Rp 30 juta

tata

Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) membidik pasar mobil niaga di pedesaan dengan cara menawarkan kendaraan berharga terjangkau, demikian juga suku cadangnya, lewat program Tata Masuk Desa. Mobil tersebut adalah Tata Iris sebagai kendaraan niaga dengan kapasitas mesin 611cc untuk usaha kecil di pinggiran kota maupun pedesaan.

Tata Iris dikeluarkan sebagai pilihan terbaru atas kendaraan niaga roda tiga yang dianggap kurang nyaman dan aman. “Beberapa sektor usaha menggunakan kendaraan roda tiga meskipun keamanannya kurang. Untuk itu kami akan tawarkan Tata Iris,” kata Biswadev Sengupta Presiden Direktur PT Tata Motors Indonesia di Tangerang, Senin.

Tata Iris bisa ditumpangi empat orang, pada kabin belakang pun bisa digunakan untuk mengangkut barang dengan bobot hingga 635kg. Kendaraan mungil ini memiliki transmisi empat percepatan dengan tenaga 9,9 KW per 300 rpm dan torsi 39 nm per 1600-1800 rpm.

Tata Iris akan menjadi salah satu varian mobil Tata di segmen niaga yang saat ini sedang gencar dipasarkan di pedesaaan.  Pihak Tata belum menjelaskan berapa harga ont the road Tata Iris ini. Namun perkiraannya di bawah Rp 30 juta.

tata1

Biswadev menjelaskan lewat program Tata Masuk Desa, kelompok petani bisa mencoba dan menghitung keuntungan biaya produksi jika menggunakan kendaraan niaga yang lebih irit. “Dari desa ke desa kami informasikan produk ini kepada komunitas dagang,” kata Biswadev Sengupta.

Program mobil Tata masuk desa sudah berjalan dan wilayah Sumatera menjadi sasaran pertama, kemudian dilanjutkan ke Kalimantan dan Sulawesi. “30 unit sudah terjual di desa-desa Provinsi Lampung,” ungkapnya. Biswadev pun yakin produknya mampu bersaing dengan kendaraan niaga merek lain karena masyarakat desa saat lebih mementingkan efisiensi kendaraan niaga yang dibutuhkan.

Spesifikasi Tata Iris:

Tipe Mobi penumpang mini
Mesin 611 cc
Tenaga maksimum 11 hp @ 3.000 rpm,
Torsi maksimum 31 Nm @ 1.500 rpm
Kecepatan maks. 55 km/jam
Emisi BS III
Clutch Single plane dry friction
Steering Mechanical rack & person
Suspensi MacPherson stut (depan), coll spring(belakang)
Rem Hidrolik
Ban 145/80R 12LT
Tangki 10 liter
Wheelbase 1.650 mm
Lebar 1.512 mm
Panjang 2.980 mm
Tinggi 1.800 mm
Radius putar 3,5 m
Berat kotor 1.110 kg
Berat bresih (kerb) 685 kg
Kapasitas 4 +1 penumpang

 

 

Baca Juga

Korban Kebakaran Hutan di Portugal dan Spanyol Menjadi 34 Orang

Vigo – Korban meninggal pada kebakaran di Spanyol dan Portugal bertambah menjadi 34 orang. Hingga ...