Home / Bisnis / Ini Modus Kecurangan SPBU Bintaro yang Terbongkar Polisi!

Ini Modus Kecurangan SPBU Bintaro yang Terbongkar Polisi!

‘Polisi menangkap 3 pengelola dan 2 karyawan SPBU Pertamina, Jalan Raya Veteran Rempoa Bintaro Jakarta Selatan (Kamis, 2 Juni 2016).

Ini Modus Kecurangan SPBU Bintaro yang Terbongkar Polisi!

Menurut pihak kepolisian, para tersangka terbukti berlaku curang mengurangi takaran bahan bakar. Hal itu diungkapkan Kasubdit Sumber Data Lingkungan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, AKBP Adi Vivid .

“Ini adalah dugaan tindakan pidana di bidang Perlindungan Konsumen dan atau Metrologi Legal. Diduga yang dilakukan mengurangi jumlah takaran atau isi atau volume BBM dari mesin dispenser BBM ke kendaraan pengendara” ungkap Adi Vivid, Senin (6/6/2016).

Ade Vivid menjelaskan, selama ini SPBU curang menggunakan modus manual dengan mengutak-atik mesin dispenser. Namun kali ini, SPBU di Rempoa bertindak curang dengan memasang alat kecil yang dilengkapi sensor jarak jauh.

Sensor dalam alat kecil di dispenser itu terhubung dengan kotak berukuran 15 x 10 x 5 cm. Para pelaku mengontrol kedua alat tersebut dengan sebuah remote kecil seperti remote kunci mobil. Pengungkapan tindak curang SPBU ini bukan hal yang mudah.

“Alat bantu itu berupa mesin regulator stabilizer dan remote kontrol atau alat pengendali jarak jauh yang dapat mempengaruhi data arus listrik, sehingga mengakibatkan kerugian pada konsumen” tambahnya.

Adi mengaku jika pengelola menekan tombol bergambar gembok terkunci di remote, maka dispenser akan bekerja normal. Sebaliknya jika tombol gembok terbuka dipencet, maka dispenser akan bekerja curang.

“Jadi jika ada petugas sidak, pemegang remote ini melihat dari kantor. Dia langsung memencet tombol kunci dan nantinya mesin bekerja normal. Ini yang buat mereka lolos sidak” pungkas Adi.

Baca Juga

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...