Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Bisnis / Ini Penyebab Cadangan Devisa Turun

Ini Penyebab Cadangan Devisa Turun

Pada bulan April 2015 cadangan devisa Indonesia menurun hingga USD 110,9 miliar dan mengalami posisi yang terendah sejak Juli 2014.

Turunnya cadangan devisa sejalan dengan intervensi yang dilakukan oleh Bank Indonesia untuk menstabilkan nilai rupiah yang gonjang ganjing.

Sebelumnya cadangan devisi mengalami penurunan menjadi USD 111,6 miliar dalam dua bulan terakhir, tujuannya sama untuk mengangkat nilai tukar rupaih yang sudah sangat tertekan hingga melewati batas Rp 13.000,- per dolar US.

Bank Indonesia mengatakan penurunan cadangan devisa antara lain disebabkan oleh peningkatan pengeluaran untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah serta untuk menstabilkan nilai rupiah.

Posisi cadangan devisa per akhir April dapat menutupi pembayaran impor dalam enam bulan ke depan. Selain itu dapat meutupi pembayaran utang luar negeri pemerintah. Cadangan devisa masih berada di atas standar international sekitar tiga bulan impor.

Saat ini cadangan devisa masih cukup aman, namun sumber devisa tipis karena kinerja ekspor mengalami penurunan dan hal tersebut terkompensasi oleh penurunan impor.

Campur tangan pemerintah untuk menstabilkan nilai rupiah terhadap mata uang asing khususnya dollar AS dirasakan terlambat karena sudah terjadi capital outflow sehingga biaya stabilitasnya besar.

Below Article Banner Area

Baca Juga

amnesti_pajak889

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...