Home / Berita / Nasional / Ini Perubahan Tingkah Aneh Monyet Waktu Gerhana Matahari!

Ini Perubahan Tingkah Aneh Monyet Waktu Gerhana Matahari!

“Yang terlihat itu seperti pada kera dan monyet” ungkap Humas Taman Marga Satwa Ragunan (TMR), Wahyudi Bambang.

Ini Perubahan Tingkah Aneh Monyet Waktu Gerhana Matahari

Gerhana matahari yang juga terjadi di Jakarta, membuat sejumlah satwa di Ragunan mengalami perubahan perilaku. Humas Taman Ragunan, Wahyudi Bambang mengatakan perubahan perilaku terlihat pada sejumlah hewan di antaranya pada jenis primata.

“Yang terlihat itu seperti pada kera dan monyet. ‎Sebelum terjadi gerhana mereka berada di luar kandang makan, bermain dan melakukan aktivitas normal. Tapi setelah gerhana, mereka masuk ke rumahnya dan pergi tidur lagi” ungkap Wahyudi, Rabu (9/3/2016).

Selain kera dan monyet, primata lain yang mengalami perubahan perilaku yaitu siamang. Primata yang gemar mengeluarkan suara keras itu, tiba-tiba terdiam dan memilih untuk pergi ke kandang saat gerhana terjadi.

“Siamang yang biasanya aktif bersuara keras, saat gerhana muncul mereka juga memilih untuk balik ke kandang” tambahnya, seperti yang dilansir Liputan6.

Menurut dia perubahan perilaku yang terjadi pada hewan saat gerhana merupakan hal yang wajar. Ia pun berharap peristiwa tersebut dapat turut menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang dan bahan kajian bagi keilmuwan flora dan fauna.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...