Home / Olahraga / Balap / Ini Sejarah Rossi, Lorenzo, Marquez & Pedrosa Balapan di MotoGP Brno Ceko

Ini Sejarah Rossi, Lorenzo, Marquez & Pedrosa Balapan di MotoGP Brno Ceko

Ini Rangkuman Fakta Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez & Dani Pedrosa di Sirkuit Brno Ceko

Jadwal MotoGP 2015 sirkuit Brno Ceko pasti akan lebih menarik, setelah Indianapolis. Pasalnya kemapanan Valentino Rossi perlahan-lahan mulai tergoyahkan, setelah Marc Marquez dan Dani Pedrosa kembali menemukan performa terbaik. Dan jangan lupakan Jorge Lorenzo, karena pembalap Spanyol ini bisa saja membuat kejutan sebagai kuda hitam.

Terkait dengan Grand Prix (GP) Republik Ceko, maka tak bisa dilepaskan dari kesuksesan Valentino Rossi. Pasalnya Rossi sangat mendominasi di sirkuit yang melahap 22 lap ini. Rossi pernah meraih kemenangan di tiga kelas berbeda yaitu masing-masing sekali di kelas 125, 250, dan 500 cc. Jika jadi juara di MotoGP Brno 2015, maka Rossi bakal menjadi pembalap yang paling sering juara di Brno.

Namun untuk urusan konstruktor, Honda yang terdepan. Seperti yang dilansir situs resmi MotoGP, Honda mengirim enam pembalapnya keluar sebagai juara. Sementara Yamaha hanya lima kali meraih kemenangan. Selain itu, Republik Ceko juga menjadi pemberhentian kesuksesan Marquez pada tahun lalu. Berikut ini fakta & data yang terjadi di GP Republik Ceko:

GP Republik Ceko pertama kali diadakan di Brno pada 1965. Perlombaan 500 cc diadakan selama 13 lap dengan panjang sirkuit 13,94 km. Dimenangkan oleh Mike Hailwood dari MV Agusta dengan waktu 1 jam 11 menit 23,2 detik.

Sirkuit akhirnya diperpendek menjadi 10,92 km pada 1975 demi meningkatkan keselamatan.

Sejak diperkenalkan menjadi kelas MotoGP pada 2002, Honda menjadi tim paling produktif juara dengan enam kemenangan di Brno, kemudian Yamaha memiliki lima kemenangan, disusul Ducati dengan dua kali menang.

Pembalap Honda mendominasi di Brno dengan meraih kemenangan di empat tahun terakhir. Pembalap Yamaha yang terakhir meraih kemenangan adalah Jorge Lorenzo.

Ada dua pembalap yang meraih kemenangan terbanyak di Brno, yaitu Max Biaggi dan Valentino Rossi. Biaggi menang di kelas berbeda (empat kali 250 cc, dua kali 500 cc, sekali MotoGP) dan Rossi (sekali 125 cc, sekali 250 cc, sekali 500 cc, empat kali MotoGP).

Terakhir kali pembalap yang meraih pole position kemudian juara adalah Valentino Rossi pada 2009.

Sejak saat itu, belum ada pembalap yang meraih pole position kemudian meraih finis tercepat di Brno.

Dani Pedrosa memenangi balapan MotoGP di Brno tahun lalu, ia mengakhiri 10 kemenangan beruntun yang dilakukan Marc Marquez.

Baca Juga

Klasemen Baru & Poin Rossi di MotoGP 2016

Setelah balapan di Sepang ada perubahan pada poin Rossi, Lorenzo & Marquez pada klasemen MotoGP ...