Home / Berita / Politik / Ini Reaksi Ical, yang Namanya Sempat Disinggung Pengusaha Reza Chalid

Ini Reaksi Ical, yang Namanya Sempat Disinggung Pengusaha Reza Chalid

Aburizal Bakrie

 

Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie atau Ical sempat disinggung namanya di rekaman. Ical disebut oleh pengusaha Muhammad Reza Chalid di rekaman yang diperdengarkan MKD DPR terkait laporan atas Ketua DPR RI Setya Novanto.

Di dalam rekaman tersebut, Reza menyatakan bahwa mengumpulkan tokor utama KMP, Ical, Prabowo, Anis Matta, dan Hatta. Mereka bertemu Luhut, usai Pilpres lalu.

Lalu, apa kata Ical tentang namanya yang ikut disebut di rekaman itu?

“Nggak mau disebut, nggak disebut gitu saja masalah,” terang Ical pasca melayat ke kediaman tokoh NU Slamet Effendi Yusuf, Kamis (3/12).

Ical pun tak berkomentar lagi soal rekaman tersebut.

Berikut ini transkrip pembicaraan antara MS (Maroef Sjamsoeddin), SN (Setya Novanto) dan MR (Muhammad Reza Chalid) yang rekamannya diperdengarkan dalam sidang MKD di gedung DPR, Jakarta, Rabu (2/12) malam kemarin :

MR: Sebelum bubarin Pak, kalau gak gini Pak. Saya ini kan pedagang, saya ikutan politik kan karena teman-teman saja. Baik, gak cerai. Saya pedagang. Saya bilang eh ini saatnya damai. Kita kumpulin semua yuk. Kumpul Bang Ical, Anis Matta, Hatta, pokoknya semua kita kumpul.

SN: Panggil Pak Luhut

MR: Kita undang Pak Luhut datang. Saya siapkan depan. Ada Pak Luhut ama timnya. Saya bilang itu, saat ini kita sudah kalah. Kalah Pilpres. Tapi kita akan balas tahun 2019. Cuma sekarang kita harus berdamai membangun negara. Jangan ikut. Presiden sama wapres enggak boleh diganggu, saya bilang. Kita cari makan. Sekarang Pak Luhut yang ada di sana, Ini temen-temen dan kita minta ikutlah Pak Luhut. Coba Pak Luhut sampaikan ke Jokowi. Kalau mau sepakat begitu kita dukung. Ini saran saya. Mulai ngomong rurururuurr… Akhirnya sepakat pak malam itu, oke kita dukung Jokowi-JK supaya sukses. Nanti 2019 ceritanya lain. Langsung deh pada dukung Jokowi, pada ketemu Jokowi semua. Prabowo apa dukung Jokowi. Sejak itu. Makanya Pak, DPR gak pernah ganggu Jokowi. Gak pernah ganggu Jokowi. Malah yang enggak mendukung Jokowi itu PDIP. KMP enggak,  semuanya mendukung. Itu kita happy juga sih. Kalau negara aman kita punya jalan. Tapi kalau ribut terus di parlemen, pusing kepala. Bayangin sudah kurang aman negara, ekonominya ancur.

SN: Kesalahan menteri-menterinya juga.

MR: Ya presiden juga andil.

SN: Ya kita harus jujur

MR: Kalau Pak JK presiden,  

SN: Wah terbang kita.

MR: Atau dia pasrahin Pak JK urus ekonomi saja, saya pergi dah blusukan. Pak JK urus saja ekonomi

SN: Ya tapi sekarang sudah dibatasin terus presiden

 

 

 

Baca Juga

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...