Home / Berita / Ini Syarat bagi WNA yang ingin Miliki Properti di Indonesia

Ini Syarat bagi WNA yang ingin Miliki Properti di Indonesia

properti

Keputusan Pemerintah tentang syarat bagi warga negara asing membeli property di Indonesia masih terus digodok. Rencananya September ini keputusan itu akan diterbitkan. Namun Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan telah menyampaikan beberapa bocoran tentang syarat bagi Warga negara asing (WNA) yang akan memiliki property di Indonesia.

Menurutnya, syarat utama adalah,  WNA ituharus mengurus izin tinggal sebelum diperbolehkan memiliki properti di Indonesia. “Yang coba kita cegah adalah jangan sampai mereka (WNA) hanya dengan alasan punya properti (di Indonesia), seolah-olah tidak perlu mengurus izin tinggal,” kata Ferry.

Hal itu menurutnya untuk menghindari adanya WNA yang memiliki properti di Indonesia namun tidak memiliki izin tinggal. Properti yang dimiliki asing tersebut juga tidak diperkenankan disewakan kepada pihak lain.

“Kalau tidak ditinggali, WNA harus melepas haknya dengan menjual apartemen. Jangan sampai apartemen dibeli orang asing, dia tinggal di luar negeri, lalu apartemennya disewakan ke rakyat kita. Itu nggak boleh,” ujarnya. Sementara bagi WNA yang tidak lagi menghuni apartemen tersebut diharuskan untuk melepas haknya dengan menjual apartemen tersebut.

Ferry juga mengatakan apartemen tersebut boleh diwariskan, asalkan ahli warisnya berada di Indonesia. “Ketika WNA meninggal, (kepemilikan properti) itu tidak hilang, tapi bisa diwariskan kepada ahli waris, sepanjang ahli warisnya tinggal di Indonesia,” tegasnya.

Sementara syarat lain mengenai batas harga pembelian property bagi WNA masih dalam perdebatan. Ada usulan bahwa WNA hanya dapat memiliki properti jenis apartamen di lokasi premiun dengan harga minimal Rp 5 miliar. Namun, ada juga usulan agar  WNA dapat memiliki properti jenis perumahan (landed house).

“Rencananya, jangka waktunya itu bisa seumur hidup dan dapat dihibahkan,” ujar M Noor Marzuki, Direktur Pengelolaan dan Pengadaan Tanah Pemerintah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).- Kontan/ant

 

Baca Juga

Ajukan Praperadilan, Direktur PT DJM Soalkan Peradilan Koneksitas

Foto: Rachman Haryanto/detikcom Jakarta – Tersangka Direktur PT Diratama Jaya Mandiri (DJM) Irfan Kurnia Saleh ...