Home / Berita / Nasional / Inikah Alasan Puan Maharani Tak Dicopot dari Reshuffle Menteri Kabinet Jokowi?

Inikah Alasan Puan Maharani Tak Dicopot dari Reshuffle Menteri Kabinet Jokowi?

Inikah Alasan Kenapa Puan Maharani Tak Dicopot dari Reshuffle Menteri Jokowi

Puan Maharani bisa bernafas lega karena tidak menjadi salah satu dari menteri yang dicopot ketika Reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo, Rabu (13/8/15). Lantas apa yang menyebabkan posisi Puan sebagai Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dianggap aman?

Seperti yang diketahui jika Presiden Jokowi melantik lima menteri dan sekretaris kabinet. Tiga dari lima menteri yang dicopotnya adalah menteri koordinator. Dalam keterangannya Direktur Eksekutif Indobarometer, M Qodari coba memberikan analisis terkait posisi Puan Maharani yang bebas dari reshuffle kabinet.

“Sejak awal saya sudah sering mengatakan, Menko PMK yang justru aman dari isu reshuffle di antara menko lainnya. Wajar Puan tidak kena reshuffle” ungkap Qodari, Rabu (12/8).

Menurut Qodari, ada dua hal yang menjadi konsentrasi utama bagi Jokowi dalam melakukan reshuffle. Pertama soal pencapaian target kerja para menteri dan kedua soal kemampuan komunikasi dan koordinasi dari para menteri. Qodari menilai Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijanto, dan Menko Maritim Indroyono Soesilo mempunyai kelemahan pada dua hal tersebut.

Hal itu dapat dilihat dari kondisi ekonomi Indonesia yang terus menurun dengan melemahnya nilai tukar rupiah serta naiknya harga kebutuhan pokok. Kondisi politik, hukum, dan keamanan juga tidak stabil dengan dualisme parpol, kekisruhan KPK-Polri, hingga insiden di Tolikara. Sementara Puan Maharani, memiliki kedua indikator tersebut.

“Praktis, program kerja kabinet yang paling jalan adalah di bawah Kemenko PMK” tambah Qodari seperti yang dilansir Kompas.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...