Home / Berita / Nasional / Inikah Bunda Putri yang Bikin Presiden SBY Marah?

Inikah Bunda Putri yang Bikin Presiden SBY Marah?

Presiden SBY saat memberikan keterangan tentang Bunda Putri
Presiden SBY saat memberikan keterangan tentang Bunda Putri
Jakarta, Aktual Post – Sosok Bunda Putri mengemuka dalam persidangan kasus dugaan suap kuota impor sapi beberapa waktu lalu. Jaksa penuntut umum kala itu memutarkan sadapan rekaman pembicaraan antara Luthfi Hasan Is dan anak Hilmi Aminuddin, Ridwan Hakim.

Seperti dikutip dari laman ROL Sabtu, (12/10/2013). Rekaman tersebut disadap KPK saat Hilmi mengunjungi kediaman Bunda Putri. Saat itu, Hilmi menyebut Bunda Putri sebagai orang yang mengondisikan para pembuat keputusan.

Ketika bersaksi dalam persidangan pekan lalu, Menteri Pertanian Suswono juga mengatakan sempat mengunjungi kediaman Bunda Putri di Pondok Indah, Jakarta Selatan. Kunjungan tersebut terkait laporan bahwa adik Wakil Presiden Boediono, Tuti Iswari, mengenalkan sejumlah perusahaan importir daging sapi ke Ditjen Peternakan di Kementan.

Selepas disebut Suswono, Tuti Iswari menyampaikan peryataan ke media dan mengakui kenal dengan Bunda Putri. Setahu dia, nama asli sosok tersebut adalah Non Saputri. Ia mengatakan, diperkenalkan mantan menteri Kehutanan dan Perkebunan Marzuki Usman.

Menurutnya, Bunda Putri dan Marzuki sama-sama aktif di Bulaksumur Senior Economist Foundation di Yogyakarta. Tuti mengatakan, Bunda Putri berumur sekira 50 tahun dan terbilang modis. Ia adalah pengusaha dari daerah Kuningan, Jawa Barat.

Luthfi dalam kesaksiannya di bawah sumpah pada persidangan di Pengadilan Tipikor untuk terdakwa Ahmad Fathanah, Kamis (10/10/2013) mengungkapkan:

Dia bertemu dengan Bunda Putri sekitar tiga atau empat kali. Pertemuan terakhir pada 29 Januari 2013.

Menurutnya,Bunda Putri adalah orang yang sangat dekat dengan Presiden SBY dan mengetahui informasi negara, termasuk kebijakan reshuffle kabinet.

Lithfi merasa perlu mendapatkan informasi mengenai reshuffle kabinet karena ada ancaman reshuffle bagi PKS sebagaimana diberitakan media massa.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Kamis (10/10/2013) menyangkal bahwa orang yang disebut sebagai Bunda Putri banyak mengetahui rahasia negara, termasuk reshuffle kabinet, sebagaimana diutarakan oleh mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq.

“Disebut Bunda Putri, saya tidak tahu, saya tidak kenal, dan tidak ada kaitan dengan saya,” ujarnya dalam jumpa pers khusus di Bandara Halim Perdanakusuma sepulang dari KTT Asean di Brunei Darussalam.(ROL)

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...