Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Inilah Desa yang Terlarang Bagi kaum Laki-Laki

Inilah Desa yang Terlarang Bagi kaum Laki-Laki

Warga Desa Umoja
Warga Desa Umoja

Desa itu bernama  Umoja, lokasinya terletak di pedalaman Kenya. Desa ini menjadi perhatian dunia dan salah satu tujuan wisata budaya, karena penduduk yang tinggal di sana adalah perempuan dan anak-anak. Lelaki dewasa dilarang tinggal di desa ini.

Uniknya, para wanita yang tinggal di desa ini semuanya pernah mengalami kekerasan yang dilakukan oleh kaum laki-laki. Beberapa di antara mereka ada yang pernah diperkosa, dianiaya, dan ada pula istri yang menjadi korban kekerasan rumah tangga.

Desa ini terbentuk  tahun 1990. Awalnya desa ini hanya tempat perlindungan bagi perempuan yang korban kekerasan laki-laki. Seiring banyaknya perempuan Kenya yang menjadi korban kekerasan, sehingga  jumlah perempuan yang meminta perlindungan di desa ini semakin banyak sehingga mereka sepakat menjadikan tempat itu sebagai  sebuah desa definitif. Jumlah penduduknya saat ini  sebanyak 247 orang, terdiri dari perempuan dan anak-anak.

Seita Lengima, salah saorang wanita yang tinggal di desa ini menyebutkan bahwa keberadaan desa itu sebagai wilayah terlarang bagi pria akan terus mereka pertahankan selamanya. Seita sendiri pernah menjadi korban perkosaan tentara. Ia sangat kecewa, sebab pelaku perkosaan itu tidak pernah diajukan ke pengadilan.

Para wanita di desa ini hidup bebas. “ Kalau di luar sana, wanita selalu tunduk oleh tekanan laki-laki, kami hidup bebas dan tenang,” kata Seita. Untuk menafkahi kehidupan sehari-hari, mereka bertani dan menjual hasil pertaniannya ke desa tetangga.

Dua tahun terakhir ini,  Desa Umoja banyak dikunjungi wisatawan mancanegara yang memberi ruang kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan secara ekonomi. Pelancong laki-laki juga diizinkan berkunjung, tapi dalam waktu yang terbatas. Kepala Desa itu dijabat oleh Rebecca Lolosoli, seorang wanita  yang pernah menjadi korban perkosaan tentara Inggris. – AP

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-280115-750x420-750x420

Anggota Wantimpres : Kesederhaan dari Presiden Jokowi Petut ditiru

  Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sidarto Danusubroto mengatakan kalau sikap sederhana Presiden Joko Widodo ...