Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Inilah Kampung yang Penduduknya Punya Satu Ginjal

Inilah Kampung yang Penduduknya Punya Satu Ginjal

Warga Desa Hokse menunjukkan pinggang mereka bekas operasi pengangkatan ginjal
Warga Desa Hokse menunjukkan pinggang mereka bekas operasi pengangkatan ginjal

Kathmandu—Desa Hokse di pinggiran kota Kathmandu, Nepal  punya julukan unik, yaitu ‘Kampung Satu Ginjal’. Julukan ini diberikan sebab hampir semua warga kampung itu memiliki satu ginjal setelah ginjal satunya lagi mereka jual kepada sindikat perdagangan organ tubuh.

Desa Hokse memang dikenal sebagai salah satu kampung miskin di Nepal. Karena tekanan ekonomi, warga desa itu kerap didatangi sindikat pedagangan organ tubuh yang membujuk mereka agar menjual satu ginjalnya. Para sindikat itu meyakinkan warga setempat,  bahwa hidup dengan satu ginjal bukanlah masalah. Mereka tetap bisa hidup normal sebagaimana manusia normal yang punya dua ginjal.

Seorang penduduk bernama Geeta, 37, mengaku kalau ia dan suaminya dirayu oleh anggota sindiket perdagangan organ itu untuk menjual ginjal mereka  dengan harga yang cukup mahal. Karena sangat membutuhkan uang untuk modal usaha dan membina keluarga, pasangan itu akhirnya setuju menjual salah satu ginjal mereka.  Keduanya lalu  dibawa ke sebuah rumah sakit untuk menjalani operasi pengeluaran salah satu batu ginjalnya.

“Kami juga melihat orang-orang di desa kami sudah banyak yang menjual ginjal mereka, jadi kami pun tertarik untuk mengikuti mereka,” kata Geeta. Untuk satu ginjal, mereka akan dibayar hingga Rp 53 juta.

Ironisnya, kini rumah yang dibeli Geeta dan suaminya telah runtuh menyusul  gempa hebat yang melanda Nepal beberapa waktu lalu. berama warga kampung lainnya, mereka terpaksa  tinggal di kemah-kemah darurat  dengan tingkat kualitas kesehatan yang rendah.

Menjual satu ginjal ternyata tidak membuat mereka hidup tenang. Malah kini kondisi mereka semakin sulit karena hidup dengan satu ginjal membuat daya tahan tubuh mereka lemah, dan mereka harus waspada  terhadap ancaman penyakit yang mudah menyerang. ***

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

demo-ahok-4-november-ini-reaksi-nu-muhammadiyah

Demo Ahok 4 November, Ini Reaksi NU & Muhammadiyah

Nadlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah mengaku tak bisa menolak aksi demo 4 November 2016, namun ...