Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Inilah Konsep Pengembangan Masjid Baiturrahman Aceh agar Menyerupai Masjid Nabawi

Inilah Konsep Pengembangan Masjid Baiturrahman Aceh agar Menyerupai Masjid Nabawi

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh
Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

Banda Aceh – Masjid Raya Baiturrahman yang merupakan masjid bersejarah di Aceh akan diperluas dan dikembangkan dengan berbagai fasilitas mewah sehingga masjid itu nantinya menyerupai Masjid Nabawi, Madinah.

Untuk biaya pengembangan itu, Pemerintah Aceh menyiapkan dana Rp 1,4 triliun selama dua tahun. Jika projek ini selesai, masjid Baiturrahman akan memiliki convention center, guest house, pusat perbelanjaan, sekolah, lokasi parkir bawah tanah  dan media center.

Proyek pengembangan masjid itu dimulai Selasa 28 Juli dan diperkirakan selesai pada Mei 2017. Sebagaimana disampaikan Gubernur Aceh Zaini Abdullah,  pembangunan masjid itu akan dilakukan  dua tahap.

Untuk tahap jangka pendek, akan  dibangun 12 Unit payung elektrik, yang bentuknya persis seperti yang ada masjid Nabawi Madinah. Lalu ada pula  pembangunan basement tempat parkir kenderaan roda 2 dan roda 4, tempat wudhu Pria dan wanita, dan pembangunan berbagai sarana lain, seperti taman, rumah genset, pusat pengolahan air, drinking water System dan perbaikan beberapa interior bangunan.

Sedangkan untuk jangka panjang, akan dilakukan perluasan kawasan masjid  di empat kawasan sesuai peruntukannya. Kawasan Barat dari masjid itu akan kita dijadikan pusat  pendidikan karena di lokasi itu akan dibangun TPA dan sekolah yang fokus pada pendidikan agama Islam.

Kawasan selatan akan kita jadikan sebagai pusat berbagai aktivitas Islam, karena di lokasi itu akan dibangun  guest house dan covention center.

“ Bagi wisatawan yang ingin belajar tentang Islam atau ingin menikmati keindahan masjid dan Kota Banda Aceh, bisa menginap di guest house itu,” kata Zaini Abdullah.

Untuk kawasan timur  akan dibangun fasilitas media center, di mana di lokasi itu akan didirikan sarana penyiaran berita islami dan penyebarluasan informasi soal agama Islam. Sebuah  Departemen Store juga akan kita bangun di kawasan timur itu sebagai  central bisnis yang akan dikelola oleh pengurus Masjid Raya baiturrahman.

Sedangkan zona utama akan dibangun pusat percetakan dan Galeri  serta berbagai sarana untuk pameran. Nantinya kawasan utara akan terhubung dengan Krueng Aceh sehingga menambah keindahan dan keunikan masjid ini.

Guna memenuhi semua harapan itu, tentunya panitia pembangunan masjid ini harus membebaskan sejumlah lahan dan bangunan yang ada di kawasan yang ada di lokasi itu.  Pemerintah Aceh telah menyiapkan anggaran hingga Rp 750 miliar untuk pembebasan lahan.

Jika proyek ini selesai, masjid Baiturrahman Banda Aceh akan menjadi masjid dengan fasilitas terlengkap di Indonesia.  ***

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

143-jessica7789

Jessica kembali Tegaskan : Saya Tidak Pernah Menaruh Racun Sianida di Gelas Es Kopi Vietnam Mirna

  Terdakwa kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin yakni Jessica Kumala Wongso, mengaku tidak menyesal ketika ...