Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / Iran dan Saudi Semakin Tegang Saja, AS Desak Pemimpin Timur Tengah Untuk Tenangkan

Iran dan Saudi Semakin Tegang Saja, AS Desak Pemimpin Timur Tengah Untuk Tenangkan

kedubes arab dibakar

Amerika Serikat sudah merespons keputusan Arab Saudi yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran menyusul pembakaran dan penyerangan Kedubes Saudi di Teheran. AS juga mendesak agar pemimpin negara-negara kawasan Timur Tengah menenangkan kedua negara yang perselisihannya semakin memanas itu.

”Kami menyadari laporan bahwa Kerajaan Arab Saudi memerintahkan penutupan misi diplomatik Iran di Kerajaan,” ujar seorang pejabat pemerintahan Obama seperti dikutip Reuters, Senin (4/1).

Ditambahkan pula, kami percaya bahwa keterlibatan diplomatik dan pembicaraan langsung tetap penting dalam bekerja melewati perbedaan dan kami akan terus mendesak para pemimpin di seluruh wilayah (Timur Tengah) untuk mengambil langkah afirmatif guna meredam ketegangan.

Seperti diketahui memanasnya perselisihan Iran dan Saudi dipicu oleh eksekusi ulama Syiah Nimr Al-Nimr oleh aparat berwenang Saudi pada Sabtu pekan lalu. Nimr adalah bagian dari 48 orang yang dieksekusi massal oleh otoritas Saudi yang sebagian besar dari mereka dituduh terlibat aksi terorisme. Eksekusi itu kemudian memicu kemarahan Iran, Irak, Libanon dan negara lain di Timur Tengah.

Sejumlah negara Eropa seperti Inggris, Prancis dan Jerman juga mengecam eksekusi yang dilakukan Saudi. Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel Al-Jubeir, mengungkapkan bahwa Riyadh telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Teheran. Menlu Jubeir pun menuntut misi diplomatik Iran dan entitas terkait untuk hengkang dari Saudi dalam tempo 48 jam.

Jubeir menuturkan Riyadh tidak akan membiarkan Republik Islam Iran merusak keamanan kerajaan Saudi. Jubeir mengklaim serangan Kedubes Saudi di Teheran mirip dengan apa yang dia sebut sebagai serangan pada kedutaan asing di sana. Ia menuduh Iran menciptakan ‘sel teroris’ di Arab Saudi.

Below Article Banner Area

Baca Juga

permainan-game-di-korea

Bintang Tamu Ini Bercinta di Depan Penonton Saat Siaran Langsung

Sebuah video merekam aksi dua bintang tamu berbaring di lantai di sebuah studio TV saat ...