Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Regional / Ironi, Bogor Sebagai Kota Hujan Tapi Justru Mengalami Kekeringan

Ironi, Bogor Sebagai Kota Hujan Tapi Justru Mengalami Kekeringan

Musim_kemarau 3

Sungguh sebuah ironi, Kota Bogor yang dapat predikat sebagai kota hujan, tapi justru saat ini sedang mengalami kekeringan. Sebenarnya tidak hanya kota Bogor yang mengalami demikian, tapi juga dialami sejumlah kota.

Menurut penghitungan BMKG, kondisi kering di musim kemarau ini akan bertahan hingga September mendatang. Sehingga kalau pemerintah ingin membuat rekayasa hujan, disarankan pada Oktober.

Terjadinya kekeringan ini sendiri menurut BMKG disebabkan adanya fenomena el nino yang bertepatan dengan musim kemarau. Akibatnya, sebagian wilayah Indonesia mengalami kekeringan termasuk kota Bogor yang selama ini dikenal sebagai kota hujan.

Jika dalam kondisi normal, meski musim kemarau, Bogor dan beberapa kota di Indonesia masih akan tetap diguyur hujan. Namun, kondisi itu tidak terjadi tahun ini.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemkot Bogor adalah bersama warga menggelar salat istisqa atau meminta hujan yang dilakukan di Lapangan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor pada Jumat (24/7).

Walikota Bogor mengatakan sebagian besar wilayah di kota ini sudah mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih. Tidak turunnya hujan sejak selama kurang lebih 2 bulan lalu, membuat sumur-sumur warga kering. Untuk itu, Bima Arya mengimbau kepada masyarakat agar berhemat dalam menggunakan air.

“Kita meminta agar jangan berlebihan dalam memakai air. Agama kita memerintahkan agar tidak berlebihan, secukupnya saja, seadanya saja kita menghemat air,” ungkap Walikota Bima Arya usai menggelar pelaksanaan salat istiqa.

Banyak warga, lanjut Bima, yang di pinggir-pinggir kita yang hidupnya sangat sulit. Jangankan air untuk minum, air untuk mandi saja sudah tidak ada.

Kekeringan yang tejadi di Kota Bogor menyebar di berbagai wilayah seperti di Kota Situ Gede, Mulyaharja, Sukadamai, Bogor Selatan, Bogor Barat, dan Bogor Utara.

Hal yang sangat terasa adalah contohnya, rumput Istana Bogor yang biasanya hijau, sekarang tampak menguning, rumputnya kering dan rusa-rusanya juga tidak bisa makan.

Bima mengaku sudah instruksikan kepada PDAM agar mendistribusikan air bersih secara cuma-cuma atau gratis ke lokasi yang dilanda kekeringan.

“Dan kita juga terus menggalakkan gerakan pembuatan biopori agar air bawah tanah bisa terserap,” jelas Bima.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ketua-pengadilan-agama-kepergok-di-hotel-lagi

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...

One comment

  1. Zaenal Thengereadik Bcl

    ojeg payung numpang lewat..
    misii.. misii.. misii..