Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Iseng Menebar Teror untuk Singapore Airlines, Ilham Terancam 10 tahun Penjara

Iseng Menebar Teror untuk Singapore Airlines, Ilham Terancam 10 tahun Penjara

singapore airlines

Jakarta- Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri menangkap Ilham Akbar, 21 tahun, seorang mahasiswa di Serpong, Banten, yang diduga mengancam maskapai penerbangan Singapore Airlines dengan bom, Selasa, 7 Juli. Hingga Kamis (9/7) siang, Ilham masih terus dalam pemeriksaan. Namun sejauh ini polisi belum menemukan motif yang lebih serius di balik ancaman tersebut.

Kasubdit Cybercrime Dit Tipidsus Bareskrim Polri, Kombes Albertus Rahmad Wibowo menduga bahwa ancaman yang dilakukan mahasiswa bernama Ilham Akbar itu dilakukan hanya karena iseng belaka. Meski demikian,  polisi maish mendalami kasusnya.

Penangkatan Ilham bermula dari  kiriman tweet-nya yang  bernada ancaman ke perusahaan maskapai penerbangan Singapore Airlines. Di twit itu, Ilham meminta agar tidak ada satu pun pesawat maskapai Singapore Airline yang lepas landas karena telah dipasang bom di dalamnya. Akibat teror tersebut,  tiga penerbangan di sana sempat delay.

Pihak Singapura Airlines lantas berkomunikasi dengan Markas Besar Polri untuk melakukan pelacakan. Penyidik Subdirektorat Teknologi Informatika dan Cybercrime mengambil alih tugas tersebut dan menemukan lokasi Ilham dengan mudah. Ia diringkis di dalam rumahnya dan langsung dibawa ke Mabes Polri untuk diperiksa.

Ilham Akbar
Ilham Akbar

Ilham adalah warga Kompleks Perumahan Baleria, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten. Sampai berita ini diturunkan,  Ilham masih menjalani pemeriksaan intensif di ruang Subdirektorat Informasi Teknologi dan Cybercrime. Dia berpotensi didakwa dengan Pasal 335 KUHP dan Pasal 336 KUHP dan Pasal 45 ayat (1) juncto Pasal 27 ayat (4) dan Pasal 52 ayat (2) dan (3) juncto Pasal 27 ayat (4) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik. Ancaman hukumannya maksimal 10 tahun.

Sampai saat ini belum ada pengakuan terbuka Ilham terkait ulahnya itu.  Sejumlah rekan dan dosennya mengaku sangat terkejut dengan kasus itu. Di mana mereka, Ilham adalah seorang pemuda yang sopan dan baik hati.

“Saya justru melihat dia sebagai seorang mahasiswa yang jujur, baik, dan sopan,” ujar Dosen Ilham, Maria Irmina. Maria juga mengatakan prestasi akademik dari Ilham rata-rata, hanya saja ia menonjol saat presentasi pembuatan game.

“Waktu presentasi pembuatan game ia membuat konsep yang lebih bagus dari mahasiswa lain, begitu juga waktu pembuatan film dengan konsep multimedia.Saya tidak percaya awalnya, anaknya sopan,” kata Maria Irmina.

Teman-teman satu jurusan Ilham bahkan tidak percaya dengan pemberitaan yang mengabarkan Ilham ditangkap oleh Kepolisian karena menebarkan ancaman. Salah seorang teman yang ikut dibawa ke Mabes Polri pada saat penangkapan juga mengaku kaget karena saat itu sedang menginap di rumah kontrak Ilham.  ***

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...