Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Regional / Isi 5 Kesepakatan Damai Tokoh Agama dalam Penanganan Pembakaran Musala di Tolikara Papua

Isi 5 Kesepakatan Damai Tokoh Agama dalam Penanganan Pembakaran Musala di Tolikara Papua

Ini Isi 5 Kesepakatan Damai Tokoh Agama Terkait Pembakaran Musala di Tolikara Papua

Berita mengenai pembakaran Musala (Mushola) di Tolikara Papua (17/7/15), segera ditanggapi oleh berbagai kalangan setempat. Seakan bergerak cepat, sejumlah pimpinan dan tokoh agama di Papua menggelar pertemuan dengan difasilitasi Kepala Kanwil Depag Papua Jannus Pangaribuan. Hasilnya, 5 poin kesepakatan damai dan penanganan insiden Tolikara terwujud.

Permohonan maaf disampaikan para pimpinan dan tokoh agama, melalui lima butir pernyataan yang dibacakan oleh pendeta Herman Saud. Kesepakatan tersebut juga ditandatangani sedikitnya oleh 21 orang. Berikut ini isi 5 butir kesepakatan para tokoh agama terkait pembakaran mushola di Tolikara Papua, seperti yang dilansir Antara (18/7/15).

  1. Para tokoh agama menyampaikan penyesalan atas insiden tersebut dan jatuhnya seorang korban jiwa serta korban-korban yang terluka.
  2. Tokoh agama mendesak pihak berwenang segera menyelesaikan masalah tersebut dengan tuntas dan profesional serta memproses para pelaku sesuai hukum yang berlaku.
  3. Mengimbau seluruh masyarakat di Indonesia dan khususnya di Tanah Papua agar tetap tenang menjalankan aktivitas masing masing serta tidak terprovokasi oleh isu yang tidak benar.
  4. Tokoh dan pimpinan agama menyerukan bahwa di negara kesatuan RI tidak ada salah satu golongan agama yang bisa mengklaim wilayahnya dan melarang umat beragama lain untuk beribadah sesuai agama dan keyakinannya.
  5. Aparat keamanan diharap segera meredakan suasana dengan tindakan yang tegas tetapi tanpa kekerasan serta dapat mengidentifikasi pelaku serta penyebabnya sehingga kerusuhan tersebut tidak meluas dan terulang.

Dengan munculnya 5 poin kesepakatan penyelesaian pembakaran mushola di Tolikara Papua, banyak pihak berharap agar insiden serupa tidak menjalar ke daerah-daerah lain. Secara khusus di tanah Papua sendiri, situasi segera aman dan kehidupan umat beragama kembali harmonis.

Below Article Banner Area

Baca Juga

ketua-pengadilan-agama-kepergok-di-hotel-lagi

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...