Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Ibu Kota / Jabatan RT/RW di Jakarta, Sekarang Maksimal 2 Periode

Jabatan RT/RW di Jakarta, Sekarang Maksimal 2 Periode

rt rw jakarta

Mungkin hampir sama dengan kebijakan yang berlaku di pusat, salah satu contohnya Jabatan Presiden dimana maksimal hanya 2 periode, maka aturan ini pun kini diterapkan di DKI Jakarta.

Sekarang masa jabatan pengurus Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di DKI Jakarta tidak bisa lagi seumur hidup. Untuk penyegaran dan gerak perubahan di lingkungan masyarakat, Pemprov DKI membatasi pengurusan RT/RW maksimal hanya dua periode saja.

“Dulu tidak ada batas waktu, sekarang hanya 2 periode. Minimal pendidikan SMP, dulu banyak juga yang tidak bisa membaca. Persyaratan ini supaya RT dan RW bisa mengikuti perubahan,” ungkap Dian Erlangga, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemkot Administrasi Jakarta Selatan, Senin (15/6).

Dilanjutkan olehnya, di Jaksel sudah 100 persen diberikan sosialisasi terkait pembatasan masa jabatan RT/RW tersebut.  Adapun untuk RT/RW yang belum habis masa periodenya, pihaknya menunggu periodenya habis terlebih dahulu.

Disamping pembatasan jabatan, untuk meningkatkan kinerja RT/RW pihaknya juga melakukan pembinaan administrasi dan keuangan. Hal ini dilakukan sesuai Pergub No 168 tahun 2014 tentang Pedoman RT/RW.

“Pembinaan keuangan operasional RT/RW agar pengurus dapat melaksanakan tugas lebih baik lagi,” katanya.

Dian menambahkan bahwa setiap pengurus RT/RW juga akan mempunyai rekening khusus yang bisa digunakan untuk operasional RT/RW.

“Anggaran ini bisa digunakan untuk rapat dan kerja bakti. Bisa juga beli pulsa untuk menghubungi lurah dan camat,” jelasnya.

Untuk itu, dalam waktu dekat ini Pemprov DKI dan Bank DKI akan membuatkan rekening yang secara serentak akan digunakan untuk transfer uang operasional RT/RW.

Anggaran itu, lanjutnya, akuntabilitas, transparan dan dipertanggungjawabkan. Tidak ada lagi yang memotong dana.

 

 

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ahok-sindir-anies-baswedan-soal-kip

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...