Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / Jangan Anggap Remeh Gangguan Pecernaan, Kanker Kolon Mengintai Anda !

Jangan Anggap Remeh Gangguan Pecernaan, Kanker Kolon Mengintai Anda !

Ganggunan pencernaan adalah gangguan yang sering di jumpai di kalangan masyarakat. Penyebab gangguan itu beragam, ada yang karena pola makan yang tidak teratur, mengonsumsi makanan yang kurang sehat menjadi salah satu penyebab terjadinya gangguan pencernaan sehingga bisa memicu ternjadinya penyakit kanker kolon.

Agar terhindar dari penyakit kanker kolon sebaiknya kita kenali dulu gejala –gejalanya, yang diantaranya adalah:

– Gejala dari penderita kanker usus besar adalah mengalami tingkat nyeri perut yang berbeda, seperti sakit di perut, perut sebelah kanan terasa penuh, mual, kehilangan nafsu makan dan gejala lainnya. Sehabis makan juga ada gejala yang mengganggu, yaitu terkadang disertai dengan diare berselang atau sembelit, mengalami usus buntu yang kronis, tuberculosis ileocecal, enteritis regional atau limfoma dan penyakit lainnya yang membingungkan

– Benjolan di perut: umumnya tidak teratur bentuknya, tekstur permukaannya keras, permukaan yang nodular. Stadium awal kanker usus besar melintang dan kolon sigmoid, benjolan pada abdomen bisa bergerak, tekan secara perlahan akan timbul sedikit rasa sakit.

-Kebiasaan buang air besar dan perubahan bentuk feses: nekrosis tumor yang membentuk peradangan dan hasilnya menyebabkan infeksi. Racun menstimulasi usus besar yang menyebabkan perubahan kebiasaan buang air besar, dengan menambah atau mengurangi tingkat buang air besar, terkadang diare yang disertai sembelit, buang air besar disertai dengan kram perut, setelah buang air besar sakit perut mereda.

-Anemia dan gejala kronis akibat penyerapan racun: ketika nekrosis kanker membentuk peradangan, akan terjadi pendarahan ringan di usus, campuran darah dan feses biasanya kurang diperhatikan oleh penderita kanker usus besar. Namun, mungkin karena pendarahan yang cukup parah, penyerapan racun dan kekurangan gizi, dapat menyebabkan anemia, penurunan berat badan, mudah lelah dan gejala lainnya. Selanjutnya pasien kanker usus besar yang disertai edema, pembesaran hati, asites, hypoproteinemia, munculnya gejala seperti cachexia.

Mulailah dari sekarang kita kenali gejala-gejala kanker kolon dan mulai dengan hidup sehat, sehingga kita terhindar dari gangguan pencernaan yang mengakibatkan timbulnya kanker Kolon.

Baca Juga

Pesisir Selatan Jatim Berpesta di FKKS

e-Flash Pembukaan Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) di Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek berlangsung meriah, terlebih ...